Piala Dunia 2022 Qatar Undang Zakir Naik Untuk Ceramah

N Zaid - Khutbah Salat Jumat Piala Dunia 2022 21/11/2022
Dr Zakir Naik. Foto: Siasat
Dr Zakir Naik. Foto: Siasat

Oase.id - Gelaran Piala Dunia Qatar 2022 telah dibuka dan selain soal sepakbola yang menjadi isu hangat, nama Zakir Naik pun muncul ke permukaan. Diberitakan bahwa pengkhotbah Islam India itu berada di Qatar untuk memberikan ceramah agama di seluruh ekstravaganza sepak bola.

Khususnya, Zakir Naik adalah buronan yang dicari di India, menghadapi tuduhan pencucian uang, kegiatan terkait terorisme, dll.

"Pendeta Sheikh Zakir Naik hadir di Qatar selama Piala Dunia dan akan memberikan banyak ceramah agama sepanjang turnamen," Faisal Alhajri, seorang presenter di saluran olahraga milik negara Qatar, Alkass, menulis di Twitter pada hari Sabtu.

Piala Dunia FIFA 2022 Qatar dimulai pada 20 November, dengan negara tuan rumah menghadapi Ekuador di Stadion Al Bayt, yang terletak 35 kilometer (22 mil) dari Doha.

Siapakah Zakir Naik?
Seorang dokter medis dengan pelatihan profesional, Dr Zakir Naik terkenal sebagai orator internasional tentang Islam dan Perbandingan Agama.

Dia belajar perbandingan agama dan merupakan salah satu murid pengkhotbah Ahmed Deedat. Dia adalah pendiri dan direktur jaringan "Peace TV".

Naik memiliki jutaan pengikut dan lawan pada saat bersamaan.

Kehadirannya telah meluas ke berbagai platform media sosial, diikuti oleh jutaan orang dari puluhan negara, saluran televisinya telah ditonton ratusan juta kali, dan dalam 25 tahun terakhir, Naik telah memberikan lebih dari 2.000 pembicaraan publik, menurut situs resminya. 

Pada tahun 2016, Yayasan Riset Islam Naik dilarang di India, menuduhnya “mencoba menghasut permusuhan dan kebencian antara berbagai sekte dan kelompok agama”.

Zakir Naik telah tinggal di Malaysia sejak 2017 setelah dia meninggalkan negara itu setelah pemerintah India menuduhnya melakukan pencucian uang dan ujaran kebencian. Meskipun Naik memiliki tempat tinggal tetap di Malaysia, Malaysia telah melarangnya menghadiri kuliah pada tahun 2020 dengan alasan “keamanan nasional”.

Dia dilaporkan didakwa oleh Malaysia dan diinterogasi oleh polisi setempat karena dituduh membuat pidato menghasut yang berusaha melanggar perdamaian dengan merujuk pada komunitas Hindu dan Tionghoa yang tinggal di negara mayoritas Muslim itu.

Pidatonya dilarang di India, Bangladesh, Kanada, Inggris Raya, dan Malaysia, di bawah undang-undang anti-teror atau kebencian.

Naik menikah dengan Farhat Naik, yang meraih gelar master dalam perdagangan dari Universitas Pune, India, dan mantan dosen di universitas yang sama, serta mantan kepala Sekolah Islam Internasional di Mumbai, saat ini dia sibuk dalam misionaris Islam. kegiatan seperti suaminya.

Zakir Naik dan istrinya, Farhat, memiliki 3 anak— Fariq, Zikra, dan Rushda.(siasat)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus