Selain Nabawi, Ini 8 Masjid Lain yang Istimewa di Madinah

N Zaid - Arab Saudi 28/01/2024
Foto: Sam Riz
Foto: Sam Riz

Oase.id - Masjid di Madinah akan membawa Anda memasuki sejarah Islam yang sangat kaya. Tempat-tempat suci ini adalah titik fokus di mana umat Islam datang ke seluruh dunia untuk melakukan kegiatan keagamaan.
‚Äč
Dikenal sebagai tempat tersuci kedua di dunia setelah Makkah, tanah Madinah tidak hanya terkenal karena makna Islamnya tetapi juga karena tanah dan arsitekturnya.

Masjid Nabawi tentu yang paling kita kenal, karena merupakan masjid yang juga dijuluki Masjid Nabi. Tetapi di Madinah sendiri terdapat sejumlah masjid yang juga memiliki keistimewaan. Berikut paparannya:

Masjid al Nabawi

embed

Masjid ini telah memperluas lanskapnya selama berabad-abad. Dapat menampung jamaah dalam jumlah besar.

Ini dikenal sebagai topeng Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan salah satu masjid paling terkenal di kalangan umat Islam.

Masjid Al Ijabah

embed

Masjid Aljabah yang juga dikenal dengan nama Masjid Bani Muawiya/Masjid Al Mubahala terletak kira-kira. 3015 meter ke arah utara Jannatul Baqi. Dikenal sebagai masjid penerimaan, di mana setiap doa dikabulkan.

Masjid Quba

embed

Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Nabi kita. Itulah alasan di balik pentingnya tempat ini dalam Islam.

Masjid Qiblatain

embed

Sekali lagi ini adalah tempat yang sangat istimewa, di mana Nabi kita menerima wahyu terkait perubahan arah shalat (Kiblat), Jamaah datang ke sini untuk merasakan hubungan dengan kekayaan sejarah Islam.

Masjid Abu Bakar Siddiq

embed

Masjid ini adalah salah satu masjid tertua di Madinah dan terkenal karena fakta sejarah bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam biasa salat Idul Fitri di masjid ini.

Masjid Al-Fatah

embed

Masjid Al Fatah di Madinah sangat penting dan terletak di lokasi Pertempuran Azhab (Parit). Ini adalah salah satu masjid yang paling banyak dikunjungi di Madinah. Ini adalah masjid yang sama dimana Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam berdoa selama perang Khandaq dan menerima kabar baik.

Masjid Ali bin Abi Thalib

embed

Dibangun atas nama khalifah Islam keempat, Ali bin Abi Thalib, masjid ini merupakan tempat Ali (R.A) memimpin salat Idul Fitri. Ini adalah salah satu masjid paling penting dan paling banyak dikunjungi.

Masjid Ghamama

embed

Masjid ini juga dikenal dengan sebutan Masjid Awan. Di sini awan memberi perlindungan kepada nabi kita dan para sahabatnya saat berdoa.

Masjid Salman al Farsi

embed

Sebuah masjid yang dibangun untuk mengenang salah satu sahabat terdekat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, Salman adalah Masjid Salman al Farsi yang terkenal dengan pemandangan indah dan suasana damai umat Islam dari seluruh dunia mengunjungi tempat ini.

Untuk pengalaman spiritual, seseorang harus mengunjungi masjid-masjid ini. Hubungkan diri Anda dengan kekayaan sejarah dan budaya Islam dan temukan kedamaian dengan menjelajahi tempat-tempat suci ini.(theislamicinformation)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus