Pameran Unta Sepanjang Zaman Dibuka di Ithra

N Zaid - Tradisi dan Budaya 13/09/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id  - King Abdulaziz Center for World Culture (Ithra) saat ini menyelenggarakan pameran “Unta Sepanjang Zaman” di kantor pusatnya di Dhahran bekerja sama dengan Layan Cultural Foundation yang berpusat di Riyadh. Pameran ini berlangsung hingga 1 November di tahun yang ditetapkan oleh Kementerian Kebudayaan Arab Saudi sebagai Tahun Unta.

“Unta telah lama menempati tempat khusus di masyarakat Jazirah Arab, termasuk kerajaan Arab Saudi; mereka adalah alat transportasi melintasi jarak yang sangat jauh, melintasi gunung, lembah, dan gurun, mirip dengan pergerakan kapal di dalam gelombang laut,” kata Ithra dalam sebuah pernyataan.

Dalam pidato utama yang emosional pada pembukaan pameran, pendiri LCF, Pangeran Faissal bin Abdullah bin Mohammed, mengungkapkan pentingnya unta bagi warisan budaya Kerajaan dan sebagai simbol kekuatan dan ketahanan.

Ghada Al-Tobaishi, direktur eksekutif LCF mengatakan: “Kami sangat senang bekerja sama dengan Ithra (dalam) pameran ini. Proyek akademis dan budaya ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan tentang banyak fakta penting warisan budaya dari era lampau.”

Tahun lalu, LCF menerbitkan buku berbahasa Arab dua jilid tentang unta, bekerja sama dengan Perpustakaan Umum Raja Abdulaziz. Itulah yang menjadi inspirasi untuk pameran saat ini di Ithra. Beberapa karya dipesan khusus untuk pameran, sementara yang lain merupakan bagian dari buku. Pameran ini dikuratori oleh Kumail Muhammed Almusaly dengan bantuan Maryam Al-Dossary.

“Kami, di Ithra, menghubungi Layan Cultural Foundation untuk berkolaborasi dalam pameran khusus untuk Tahun Unta,” kata Almusaly kepada Arab News. “Dan itu sangat sesuai dengan tujuan galeri ini, yang berfokus pada sejarah Arab Saudi.

“Kami mengemukakan lima tema untuk menciptakan perjalanan yang memungkinkan pengunjung dapat mengalir bebas di antara karya seni — ini bukan perjalanan yang linier,” tambahnya.

Kelima tema tersebut adalah: unta sebagai simbol ikonik identitas Arab; unta sebagai koneksi meditatif atau spiritual — khususnya melalui ayat-ayat Al-Qur'an; unta sebagai sumber kebanggaan dalam perlombaan unta dan sebagai bagian dari keluarga; unta sebagai bagian dari sejarah lisan atau rakyat; dan unta sebagai teman, di saat istirahat dan bepergian.

Hal pertama yang dilihat pengunjung saat memasuki ruang pameran adalah koleksi lukisan, termasuk karya tahun 2013 oleh seniman Saudi Abdulrahman Al-Soliman yang berjudul "Unta Bukanlah Kapal."

“Ini adalah pernyataan dari seorang seniman pelopor,” kata Almusaly. “(Ini) adalah karya yang ‘mengoreksi’ persepsi kita terhadap unta. Dia menggunakan teks di atas lukisan, yang menyatakan bahwa unta ‘bukanlah kapal gurun.’ Dia ingin mengubah persepsi itu kembali ke kenyataan bahwa unta adalah makhluk — bukan sebuah objek.”

Bagian pameran ini juga mencakup mosaik digital yang dibuat oleh LCF, di samping karya-karya dari seniman internasional dan lokal. “Ada bagian di mana kita beralih ke bagaimana seniman Barat memandang budaya Timur — bagaimana mereka meneliti unta dan budaya Arab dari sudut pandang mereka,” jelas Almusaly.

Setelah lukisan, pameran beralih ke patung-patung dengan berbagai gaya dan ukuran, foto-foto, koin-koin kuno, dan beberapa pakaian tradisional. Kaligrafi Arab merupakan bagian dari banyak karya.

Menurut Almusaly, LCF berperan penting dalam “memelihara budaya, melestarikan sejarah, dan melestarikan budaya melalui bahan-bahan ini,” dengan mendatangkan para ahli untuk meneliti setiap objek dan meningkatkan pemahaman kita secara menyeluruh tentang unta.

Pameran ini memberikan kesempatan untuk meneliti unta melalui mata berbagai seniman, dan melalui bahasa visual yang berakar pada identitas Saudi, yang menyoroti peran penting unta dalam kemajuan budaya dan ekonomi Kerajaan sepanjang sejarah.(arabnews)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus