Tengok Deretan 5 Masjid Inggris yang Menakjubkan

N Zaid - Masjid 27/07/2023
Foto: Ist
Foto: Ist

Oase.id - Masjid pertama di Inggris berasal dari akhir abad ke-19, meskipun telah ada komunitas Muslim di negara itu selama dua ratus tahun sebelumnya.

Di sini kita melihat lima bangunan yang mengungkap sejarah menarik dan beragam masjid di Inggris, seperti dikutip dari heritagecalling.com.

1. 8 Brougham Terrace, Liverpool

embed

Masjid pertama yang tercatat di Inggris, teras Georgia yang gagah ini diubah pada tahun 1889 oleh seorang pengacara Inggris, yang dikenal sebagai Abdullah Quilliam setelah dia masuk Islam pada tahun 1887.

Mihrab (ceruk yang menunjukkan arah Mekah) dan mimbar  dipasang dan tempat adzan dibuat di balkon lantai pertama (sekarang hilang). Rumah itu termasuk perpustakaan, ruang baca, museum, ruang kuliah, dan ruang doa di sebuah bangunan yang memanjang dari belakang.

Interiornya diperbaharui secara signifikan meskipun mempertahankan banyak fitur Georgia juga. Interior ini tidak lagi bertahan tetapi gambar ini menunjukkannya dalam kejayaannya yang dulu.

2. Masjid Shah Jahan, Woking

embed

Fazl Mosque © Historic England Archive

Masjid pertama yang dibangun khusus di Inggris adalah mahakarya Orientalisme Victoria yang ditemukan di Woking.

Itu dirancang oleh William Chambers pada tahun 1889 dan merupakan inti dari Institut Oriental yang dibuat oleh Dr Leitner, seorang ahli bahasa Hungaria-Yahudi yang masuk Islam setelah bekerja di British India. Didanai oleh penguasa perempuan dari negara pangeran India Bhopal, Sultan Shah Jahan Begum.

Desain akhir yang terinspirasi Mughal berpengaruh dalam menjadikan kubah sebagai elemen kunci dalam desain masjid Inggris sesudahnya. Itu memiliki pengaruh langsung pada Pemakaman Muslim di dekatnya, dibangun pada tahun 1917 untuk tentara yang gugur selama Perang Dunia Pertama.

3. Masjid Jamme Brick Lane, London

embed

Brick Lane Jamme Masjid © Martin Pettitt via Flickr

Masjid Jamme di Brick Lane adalah bangunan yang mewujudkan sejarah migrasi London Timur yang kaya.

Pada 1743, komunitas Huguenot Prancis membangun kapel untuk beribadah. Setelah komunitas pindah, itu menampung London Society for Propagating Christianity among the Jewish, dan kemudian pada tahun 1819, itu direformasi sebagai kapel Metodis Wesleyan. Ini digantikan oleh Kelas Taurat Talmud Ibrani London, yang mendirikan sinagoga di sini.

Pada tahun 1976, setelah komunitas Yahudi setempat pindah dari daerah tersebut, dibuka sebagai masjid dan telah mengalami banyak perubahan termasuk, yang terbaru, pembangunan menara setinggi 29 meter di Brick Lane itu sendiri.

4. Masjid Fazl, Southfields, London

embed

Fazl Mosque © Historic England Archive

Masjid yang dibangun khusus kedua ini ada di pinggiran kota London yang rimbun.

Ini diciptakan oleh yayasan pos misionaris pertama di luar India dari komunitas Muslim Ahmadiyah dan diselesaikan pada tahun 1925 untuk desain oleh Mawson dan putra-putranya. Ini menggunakan desain yang terinspirasi Mughal untuk kubah tetapi mengadopsi pendekatan modernis.

Repertoar arsitekturnya dapat dibandingkan dengan menara kembar Stadion Wembley yang jauh lebih besar, dan sekarang hilang, dibangun pada tahun 1923 oleh Sir John Simpson dan Maxwell Ayrton. Keduanya menunjukkan kesadaran akan karya Edwin Lutyens di New Delhi yang merupakan ujung tombak dalam memodernisasi gaya tradisional Mughal.

5. Masjid Pusat London, London

embed

 London Central Mosque and The Islamic Cultural Centre © Historic England Archive

Selama awal abad ke-20, wajah Islam Inggris yang bersifat publik dan institusional berakar pada yayasan Dana Masjid London pada tahun 1908.

Pada tahun 1940, pemerintah memberikan uang untuk akuisisi sebuah situs untuk sebuah masjid di London dan, setelah serangkaian upaya izin perencanaan yang gagal, kompetisi tahun 1968 dimenangkan oleh Sir Frederick Gibberd - salah satu arsitek modern terpenting di Inggris.

Gibberd juga pemenang kompetisi Katedral Katolik Roma di Liverpool pada tahun 1962 dan keduanya menggunakan ikonografi religius tradisional tetapi dengan penekanan pada pendekatan teknis modern.


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus