Keutamaan dan Manfaat Kesehatan Puasa Daud Bagi Perempuan

Phooby Kamaratih - Bulan Syawal 25/05/2021
 Photo by RODNAE Productions from Pexels
Photo by RODNAE Productions from Pexels

Oase.id – Semua pasti tidak asing lagi dengan manfaat yang diberikan saat seseorang melaksanakan ibadah puasa, mulai dari manfaat kesehatan hingga spiritual. Puasa merupakan ibadah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah, termasuk kepada kaum hawa. Bagi perempuan, berpuasa menjadi ajang untuk menahan diri dari hawa nafsu dan mengontrol diri dari berbagai emosi yang muncul.

Keutamaan puasa daud

Puasa Daud bisa menjadi salah satu puasa yang diperuntukan untuk para perempuan muslimah . Puasa ini dilakukan dengan cara sehari puasa sehari berbuka. Dalam hadis HR. Bukhari no. 1131

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya:

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

“Sebaik-baik salat di sisi Allah adalah salatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau salat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.”

Dalam riwayat lain disebutkan,

لاَ صَوْمَ فَوْقَ صَوْمِ دَاوُدَ ، شَطْرَ الدَّهْرِ ، صِيَامُ يَوْمٍ ، وَإِفْطَارُ يَوْمٍ

“Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari no. 6277 dan Muslim no. 1159).

Manfaat kesehatan puasa Daud bagi perempuan :

1. Menjaga kesabaran dan emosi

Perkara puasa adalah mengontrol hawa nafsu salah satunya salah menjaga kesabaran dan emosi. Dengan menjalankan ibadah puasa sunah Daud, maka seorang perempuan akan lebih mampu mengontrol emosinya agar tidak berlebihan dimana segala sesuatu berasal dari hawa nafsu. Dalam Firman Allah SWT pada surat Al – Maidah ayat 49 :

"Dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.”

2. Mencegah mudah sakit
                                   
Puasa Daud memiliki manfaat untuk menjaga imunitas tubuh, dengan berpuasa yang dilakukan selang seling akan membuat sistem pencernaan tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, puasa Daud juga akan bertindak sebagai proses detoksifikasi bagi tubuh, bertugas untuk membuang segala jenis racun yang dalam tubuh yang pastinya bisa merugikan kesehatan tubuh.

3. Mendapatkan jodoh
                 
Puasa Daud bisa menjadi salah satu sarana berdoa kepada Allah SWT agar terkabul. Agar memudahkan datangnya jodoh, bisa dengan ikhtiar berpuasa daud bagi perempuan. Bagaimana tidak saat seseorang melakukan puasa Daud dan berdoa, maka malaikat akan berdoa kepada Allah SWT atas permohonan, karena puasa sunnah Daud adalah sunnah yang paling dicintai Allah SWT.


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus