Perankan Citraresmi, Maudy Koesnaedi Tampil di Teater Online Siang Ini

Media Indonesia - Tradisi dan Budaya 25/04/2020
Photo by IndonesiaKayaCom
Photo by IndonesiaKayaCom

Oase.id- Satu lagi hiburan menarik untuk menemani masa stay at home. Bakti Budaya Djarum bekerjasama dengan Titimangsa Foundation dan Mainteater menggelar pementasan Teater Tari Citraresmi secara daring.

Pementasan Teater Tari Citraresmi ini sebelumnya pernah digelar di Nu-Art Sculpture Park, pada 2017 silam. Kali ini, pementasan digelar kembali pada 25 dan 26 April 2020 mulai pukul 14.00 di laman www.indonesiakaya.com maupun di kanal YouTube Indonesia Kaya, dengan tagar #NontonTeaterDiRumahAja.

Teater Tari Citraresmi gubahan Toni Lesmana ini terinspirasi dari kisah perjalanan hidup seorang wanita tangguh, bernama Dyah Pitaloka Citraresmi dan sebuah tragedi kelam, Perang Bubat yang pernah berkobar di pusat dari Kerajaan Galuh seperti termaktub dalam karya sastra Kidung Sundayana, kitab Pararaton dan kitab Pusaka Pararatwan i Bhumi Jawa Dwipa dalam tarikh 1261 Saka atau 1339 M.

embed

 

"Jadi beberapa tahun lalu pertunjukan ini saya produksi dengan senang hati. Nah, akhirnya nanti bisa dilihat bersama di #NontonTeaterDiRumahAja persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation, Titimangsa Foundation, dan Mainteater. Kami hadir agar kita tetap bisa nonton pertunjukan selama pembatasan sosial di rumah," tulis Happy Salma selaku produser pagelaran Teater Tari Citraresmi dalam sebuah postingan di Instagram pribadinya.

Citraresmi, yang diperankan oleh Maudy Koesnaedi, adalah sebuah narasi perlawanan dari seorang perempuan yang telah berabad-abad lamanya ditempatkan dalam posisi subordinat. 

 

Dikisahkan Citraresmi, sang putri dari Kerajaan Galuh sedang dalam perjalanan menuju Kerajaan Majapahit, lengkap dengan ayahandanya Maharaja Prabu Linggabuana dan ibundanya Ratu Laralinsing dan rombongan kerajaan lain yang mengawalnya. Mereka meninggalkan Tanah Pasundan dengan segenggam harapan indah karena sang putri dijanjikan akan dipersunting oleh Prabu Hayam Wuruk, Sang Penguasa Majapahit.

Namun sesampainya mereka di tanah Bubat, tak ada sambutan dari sang peminang. Hanya ada Patih Gajah Mada yang meminta Kerajaan Galuh untuk menyerahkan Citraresmi sebagai upeti. Maharaja Prabu Linggabuana pun tidak terima dengan perlakuan tersebut. Ia memilih untuk bertempur meski harus gugur di medan Bubat. 

Lalu, Citraresmi perempuan yang nasibnya berada di ujung tanduk kala itu, memilih satu sikap yang menunjukan bahwa dirinya adalah seorang perempuan sejati. Ia memilih untuk menghunuskan sebilah keris dan membunuh dirinya sendiri. Citraresmi tak ingin tunduk pada kenyataan, bahwa dirinya hanyalah sebuah persembahan.

Selain dibintangi oleh Maudy Koesnaedi, Teater Tari Citraresmi besutan Wawan Sofwan ini juga menampilkan sederet seniman panggung senior seperti Miming Suwandi, Rinrin Candraresmi, Ida Rosida koswara, Ria Ellysa Mifelsa, Hanna Rosiana, Maudy Widitya, Wina Rezky Agustina, Dini Dian Anggraeni, Ulfa Yulia, dan Elfira Sofianni Putri. 


(SBH)
Posted by Sobih AW Adnan