6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Makam Nabi

N Zaid - Masjid 04/10/2022
Makam Nabi Shalallahu alaihi wassalam
Makam Nabi Shalallahu alaihi wassalam

Oase.id - Makam Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam berada di dalam Masjid Nabawi di Madinah. Kubahnya dibangun pada tahun 1817 M. Dicat hijau di bawah kendali Sultan Mahmud Ottoman pada tahun 1837 M.

Rasulullah shalallahu alaihi wasalam wafat pada 12 Rabi'ul Awal 11 Hijriah atau 6 Juni 632 Masehi. Beliau dimakamkan di kamarnya dan istrinya Aisyah. Rumah Rasulullah sendiri berada di sebelah tembok Masjid Nabawi.

Belakangan karena Masjid Nabawi dipugar dan diperluas, maka rumah Rasulullah dan kamar itu menjadi ada di dalam tembok masjid. Jadi tidak tepat bila disebut Rasulullah dikuburkan di dalam masjid, karena saat Beliau wafat, rumahnya dan Masjid Nabawi masih terpisah.

BACA: Kisah Nyata: Setelah Mengamalkan Doa Melunasi Utang, Podcaster Ini Mendapat Pertolongan Allah yang Tidak Disangka-Sangka

Lalu apa saja sebenarnya fakta yang menarik seputar makam Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam.


1-  Grill Emas
Ada grill emas yang merupakan sisi depan ruang kamar bagian dalam makam Nabi Muhammad ﷺ dan dua sahabatnya dan khalifah pertama, Abu Bakar dan Umar ibn al-Khattab.

2- Rumah Aisha
Nabi ﷺ dimakamkan di rumah Aisha di mana dia tinggal pada saat meninggal dunia. Istri Nabi ﷺ tinggal di rumah kecil dan sederhana di sebelah Masjid.

Rumah Aisha dan Hafsa  terletak di dalam Kamar Suci dan lebih dekat satu sama lain. Mereka biasa berbicara satu sama lain dari rumah mereka sendiri.

3- Lubang 3 di pagar
Ada lubang melihat namun kuburan tidak terlihat. Lubang terbesar di sebelah kiri lurus menghadap makam Nabi Muhammad ﷺ

Lubang tengah menghadap makam Abu Bakar, dan lubang kanan menghadap makam Umar.

4- Tembok yang Mengelilingi Makam
Dinding ruangan terbuat dari batu hitam dan atapnya memiliki kubah hitam kecil yang disebut Qubbat an-Nur. Kamar itu tidak memiliki gerbang dan benar-benar tertutup dari luar kecuali sebuah jendela kecil di kubah yang terhalang oleh grill emas di bagian depan.

Tembok tersebut dibangun oleh Umar bin Abdul Aziz pada tahun 91 H sehingga tidak ada seorang pun yang boleh masuk ke dalam Kamar.

5- Dinding Tambahan Dibangun
Sultan Nuruddin Zengi membangun kamar di sekitar kuburan yang diisi dengan timah cair karena banyak orang kafir di masa lalu mencoba mencuri tubuh Nabi ﷺ dengan menggali kuburan dari bawah tanah.

6-  Nabi  Dimakamkan di Tempat yang Tepat Dia Meninggal
Makam Nabi ﷺ digali di bawah tempat tidur di mana dia meninggal karena ketika dia meninggal, orang-orang di sekitar mengatakan untuk menempatkannya di dekat panggung. Beberapa dari mereka mengatakan untuk menempatkan-Nya di Baqi'.

Tetapi Abu Bakar datang dan berkata bahwa dia mendengar Nabi Allah bersabda bahwa seorang Nabi tidak pernah dikuburkan di tempat lain selain tempat dia meninggal.(aboutislam)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus