17 Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Umar Ibn Khattab

N Zaid - Sirah Nabawiyah 23/07/2023
Foto: Pixabay
Foto: Pixabay

Oase.id - Umar ibn Al-Khattab (R.A) adalah salah satu tokoh terkenal dalam Islam, yang berdiri bersama Nabi shallallahu alaihi wasallam dan memberikan banyak contoh Keadilan, kebaikan.

Umar adalah salah satu dari 10 sahabat yang dijamin masuk surga.

Apa saja fakta tentang umar? berikut 14 hal yang perlu diketahui tentang Umar ibn Al-Khattab sepert disarikan dari theislamicinformation.

  1. Ketika Umar ibn Al-Khattab (RA) masih muda, dia adalah seorang pendebat, pegulat, dan ahli Seni Bela Diri yang hebat.
  2. Kakak dan iparnya menerima Islam sebelum dia.
  3. Dia melihat ayat-ayat Surah Ta'ha - Bab 20 dan menerima Islam (Dia sedang dalam perjalanan untuk membunuh Muhammad (Shallallahu alaihi wasallam) tetapi menerima Islam di jalan)
  4. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam 10 tahun lebih tua darinya.
  5. Umar (RA) adalah orang pertama yang memotivasi Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam untuk melakukan Salat di Makkah, di mana Dia shallallahu alaihi wasallam memimpin salat.
  6. Dia adalah khalifah kedua Islam.
  7. Gelar Al-Farooq diberikan kepadanya oleh Nabi kita shallallahu alaihi wasallam.
  8. Dia adalah orang pertama yang membentuk dan Memperkenalkan Perbendaharaan Negara (juga dikenal sebagai Bait-ul-Maal).
  9. Dia adalah sahabat dekat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan salah satu dari sepuluh orang yang dijamin surga.
  10. Di bawah perintah-Nya, umat Islam mengalahkan Persia terakhir kali pada tahun 14 H.
  11. Pada masa pemerintahannya, Kaum Muslimin juga memenangkan pengepungan Yerusalem.
  12. Dia mengizinkan Muadzin, Guru, dan Imam mendapatkan bayaran untuk mengajar di Institusi mereka.
  13. Dia (RA) mendirikan sistem peradilan untuk pertama kalinya di dunia. Selanjutnya, Kanal, jalan, dan Mabes Angkatan Darat dibangun. Serta Dia juga mendirikan kalender lunar Islam pertama.
  14. Di bawah kepemimpinannya, kerajaan Islam mengalami periode pertumbuhan yang signifikan, dengan penaklukan yang luas di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia.
  15. Garis keturunan dari pihak ayah ditelusuri kembali ke Al-Khattab ibn Nufayl, seorang tokoh terkemuka yang memiliki pengaruh besar dalam suku Quraisy.
  16. Sebelum memeluk Islam, beliau meraih kesuksesan di dunia perdagangan sebagai pengusaha yang sejahtera.
  17. Dia (RA) syahid oleh Abu Lulu Feroz. Dia ditusuk beberapa kali oleh Abu Lulu Feroz. Ia dimakamkan di samping Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus