Desa Batu Taif: Gerbang Menuju Warisan Wilayah Taif

N Zaid - Tempat bersejarah di Arab Saudi 12/10/2024
ilustrasi. Foto: Pixabay
ilustrasi. Foto: Pixabay

Oase.id - Terletak di tengah pegunungan granit terjal di provinsi Maysan di Taif, desa Bani Malik, Bani Saad, dan Thaqif memiliki warisan arsitektur yang unik. Rumah-rumah di desa-desa ini dibangun dengan terampil dari batu yang membentuk puncak-puncak yang menjulang tinggi di sekitarnya, sebuah bukti kecerdikan dan keterampilan generasi-generasi sebelumnya.

Pengunjung Maysan terpikat oleh cerita-cerita penduduk setempat, dan oleh kemiripan yang mencolok antara warna rumah-rumah mereka dan pegunungan.

Banyak penduduk setempat yang ingin berbagi warisan budaya mereka yang kaya, termasuk kerajinan tradisional, seni, nyanyian, dan peralatan kuno yang digunakan dalam konstruksi, seperti beliung dan pahat.

Desa-desa Maysan menawarkan pengalaman arsitektur yang khas. Pengunjung dapat menjelajahi rumah-rumah yang diukir di puncak gunung dan desa-desa yang dibangun di atas batu yang dihiasi dengan cabang-cabang pohon anggur, aprikot, persik, dan almond.

Bendungan kuno di desa-desa ini terkenal karena kesesuaiannya dengan medan berbatu dan kemampuannya menahan unsur-unsur alam, kata SPA. Dibangun dari batu granit dan ditutupi tanah liat, bangunan-bangunan itu berdiri sebagai simbol abadi masa lalu.

Yang menambah daya tariknya, Wadi Qarn, di sebelah barat provinsi Taif, menawarkan lanskap beragam berupa gurun pasir, pegunungan terjal, dan pepohonan hijau yang rimbun, menjadikannya destinasi populer bagi wisatawan yang mencari petualangan luar ruangan.

Lembah ini adalah rumah bagi tanaman liar yang harum, dan berbagai hewan serta burung migrasi yang langka. Dihiasi dengan ukiran batu yang menggambarkan unta, Wadi Qarn memikat pengunjung untuk menjelajahi keajaiban alamnya.

Wadi Qarn meluas ke arah barat hingga Wadi Al-Sayl Al-Kabeer, yang mendukung desa-desa, pertanian, dan habitat macan tutul di Wadi Mahram.

Wadi Qarn memunculkan anak-anak sungai di timur dan barat, dengan desa-desa seperti Mallah, Al-Multawi, dan Al-Dar yang terletak di sepanjang wadi yang memiliki nama yang sama.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam lembah, air yang mengalir, dan keanekaragaman hayati yang kaya.

Daerah ini terkenal dengan satwa liarnya yang beragam dan formasi geologi yang mencolok, seperti lereng berbatu dan bukit dengan berbagai ukuran, yang membedakannya dari lanskap lainnya.(SPA)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus