Merayakan Manisnya Kurma di Festival Al-Ahsa

N Zaid - Travel 20/02/2023
Festival kurba Al-Ahsa. Foto Arabnews
Festival kurba Al-Ahsa. Foto Arabnews

Oase.id - Gerai Mohammed Benqouti di Festival Pemasaran Kurma Al-Ahsa berlokasi strategis di pintu masuk festival — perhentian pertama dan terakhir bagi pengunjung. Nama perusahaan Benqouti diterjemahkan menjadi "Pabrik Molase Emas". Ini memasok beberapa molase kurma dalam jumlah terbesar di Kerajaan, dengan 10 ton diproduksi setiap hari.

Pelanggan mengantre di stan Benqouti untuk menimbun kotak kurma yang disegel dengan vakum, ember molase kurma, dan kue kurma yang dikemas secara individual. Belanjaan mereka dikumpulkan ke dalam kantong plastik kecil berwarna merah muda dan kuning yang tampak seperti permata kecil yang berkilau di bawah sinar matahari pagi yang cerah. Sepiring kurma raksasa dibentangkan di depan stan bagi siapa saja yang lewat untuk menikmatinya sepotong - atau beberapa.

Benqouti mengatakan kepada Arab News tentang kurma berkualitas tinggi yang ditemukan di Al-Ahsa: “Ambilkan saya wadah apa pun dan kami akan mengisinya dengan molase kurma emas kami. Itu bisa 100 liter - apa pun yang Anda butuhkan. Kurma Al-Ahsa adalah yang terbaik di Kerajaan, dari rasa hingga teksturnya. Bahkan orang-orang di daerah lain yang memiliki kebun kurma lebih memilih kurma 'Hasawi' kami. Mengapa? Kualitas kami lebih unggul karena tanah dan iklim. Itu menjadikan kurma kami salah satu yang terbaik.

Teman ekspatriat Julie, Lovejoy, dan Crisanta tiba dari Riyadh dalam perjalanan khusus untuk mencicipi kelezatan lezat di Al-Ahsa.

Julie mengatakan kepada Arab News: "Kami ingin mencoba kurma Al-Ahsa karena mereka mengatakan ini adalah 'kota kurma'. Saya telah berada di sini selama 16 tahun sebagai perawat di rumah sakit pemerintah di Riyadh jadi saya ingin melihat yang tempat lain di Arab Saudi. Saya akan berada di sini di Saudi selama satu bulan lagi dan kemudian saya akan pergi selamanya… Saya sangat senang dan sangat diberkati bahwa saya telah menemukan tempat ini dan festival ini. Saya melihat banyak produk berbeda yang terbuat dari kurma. Saya suka Arab Saudi. Tuhan memberkati negara ini.”

Crisanta pernah mengunjungi Al-Ahsa sebelumnya, tetapi sangat bersemangat untuk mencicipi kurma di stan Benqouti. Itu adalah yang terbaik yang pernah dia miliki, katanya kepada Arab News. “Ini sangat enak, enak!”

Festival ini diselenggarakan oleh Kotamadya Al-Ahsa bekerja sama dengan Otoritas Pembangunan Provinsi Timur dan Kamar Dagang dan Industri Al-Ahsa. Ini termasuk pasar pagi dari jam 9 pagi sampai 11.30 setiap hari kecuali hari Jumat, dan pasar malam antara jam 4 sore hingga pukul 11.30 malam.

Tentang festival kurma Al-Ahsa

Festival Pemasaran Kurma Al-Ahsa, yang diselenggarakan dengan slogan “Wya El Tamr Ahla 2023″, merupakan forum utama bagi petani, investor, dan konsumen untuk membahas perkembangan industri kurma.

Tujuan festival

Festival – edisi kedelapan – diselenggarakan oleh Kota Al-Ahsa bersama beberapa mitra di Kastil Kota Warisan Al-Ahsa. Festival ini bertujuan untuk menemukan cara untuk memanfaatkan potensi ekonomi dan investasi kurma dan mengembangkan sektor pariwisata Al-Ahsa dalam prosesnya. Meningkatkan pemasaran dan daya saing produk kurma adalah tujuan lain.

Kegiatan

Festival ini akan menampilkan berbagai kegiatan yang mengeksplorasi pohon palem dan kurma dengan cara yang menarik, mendidik, dan terarah, termasuk:

• partisipasi lebih dari 40 pengrajin terkenal di Al Ahsa;

• seni cerita rakyat dan pertunjukan musik yang berbeda; Dan

• beberapa truk makanan.

Festival ini berakhir pada 18 Februari.(arabnews, wafyapp)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus