Lengkungan Batu di Tabuk Memamerkan Keajaiban Geologi

N Zaid - Tempat bersejarah di Arab Saudi 11/08/2024
Foto: SPA
Foto: SPA

Oase.id - Lengkungan batu menonjol sebagai keajaiban geologi dan alam yang luar biasa, memikat para penjelajah dan mendorong perenungan tentang dimensi temporal dan spasial berbagai lanskap.

Di Gurun Hisma, yang terletak di bagian barat wilayah Tabuk, banyak lengkungan batu menghiasi bagian tengah dan tepi gurun, Saudi Press Agency telah melaporkan.

Struktur-struktur ini menarik wisatawan dan memicu rasa ingin tahu dengan bentuk melingkar dan pola rumit yang menjadi lebih jelas setelah diamati lebih dekat.

Studi ilmiah mengaitkan pembentukan lengkungan ini dengan efek gabungan angin dan komposisi geologi yang mendasarinya. Angin, sebagai agen utama, mendorong partikel pasir di sepanjang lereng medan yang membatu, yang menyebabkan akumulasinya di sisi bawah angin.

Proses siklus ini membentuk lengkungan batu yang khas dari waktu ke waktu, dengan faktor-faktor seperti kecepatan angin, ketersediaan sedimen, dan komposisi geologi yang memengaruhi ukuran, konfigurasi, dan evolusinya.

Lengkungan ini biasanya ditemukan di daerah berpasir dengan fondasi batu yang stabil. Lengkungan ini berevolusi karena angin dan erosi, dengan kondisi setempat yang meningkatkan keindahannya.

Lengkungan batu Gurun Hisma merupakan perpaduan menakjubkan antara seni alam dan proses lingkungan.(arabnews)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus