Sejumlah Warga Gaza Korban Kebengisan Israeli Diberi Hadiah Haji

N Zaid - Haji 13/06/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - “Saya tidak dapat mempercayai mata saya ketika melihat menara Masjidil Haram. Saya lolos dari kematian ribuan kali,” kata Aouni Abdul Hamid kepada The National ketika dia tiba di Makkah untuk menunaikan ibadah haji tahunan, beberapa bulan setelah melarikan diri dari Gaza di mana dia kehilangan seluruh keluarganya dalam perang.

Abdul Hamid adalah seorang sopir ambulans di Kementerian Kesehatan Palestina dan menghabiskan 60 hari pertama perang untuk mengangkut korban luka, mendengarkan tangisan penderitaan mereka, mengobati luka mereka dan berusaha meringankan rasa sakit mereka.

“Saya telah mengangkut ratusan orang yang terluka, namun saya tidak dapat mengantar anak-anak dan keluarga saya sendiri ke rumah sakit. Saya sampai di rumah saya setelah dibom hanya untuk menemukannya dalam reruntuhan. Seluruh keluarga saya menjadi martir,” katanya.

Dia adalah salah satu dari 1.000 anggota keluarga Palestina yang terbunuh atau terluka di Gaza yang diundang oleh Raja Saudi Salman untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Berdasarkan inisiatif ini, 2.000 jamaah akan tiba dari Palestina.

Ratusan ribu umat Islam berbondong-bondong ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji, yang tahun ini terjadi di bawah bayang-bayang perang Gaza.

Ibadah haji, salah satu pertemuan keagamaan tahunan terbesar di dunia secara resmi dimulai pada hari Jumat, dan para pejabat Saudi berusaha untuk tetap fokus pada ibadah.

Menteri Haji dan Umrah Saudi Tawfiq Al Rabiah pekan lalu memperingatkan bahwa “tidak ada aktivitas politik” yang akan ditoleransi.

Perang Gaza paling berdarah yang pernah terjadi terjadi setelah serangan Hamas pada 7 Oktober yang mengakibatkan kematian sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, menurut angka resmi Israel.

Tentara Israel kemudian melancarkan serangan dahsyat di Jalur Gaza yang telah menewaskan lebih dari 37.200 warga Palestina, mayoritas dari mereka adalah warga sipil, menurut Kementerian Kesehatan di Gaza.

Setelah mencapai hotelnya di lingkungan Ray Bakhsh, yang menghadap ke Masjidil Haram, Abdul Hamid mengatakan dia tidak dapat mempercayai matanya ketika melihat menara tersebut.

“Setelah rumah saya dibom dan seluruh keluarga saya menjadi martir, saya ditangkap dan dipenjara selama tiga bulan. Karena penyiksaan yang saya alami, mereka harus mengamputasi tiga jari kaki saya,” katanya.

“Dengan pertolongan Tuhan, saya dibebaskan dari penjara, dan saya menjalani dua operasi pada kaki saya. Hari ini saya bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan saya kesempatan untuk menunaikan perjalanan ziarah ke rumah suci Nya,” ujar dia.

Abdullah Hassan berjalan tegap dan bangga menuju hotel yang menampung jamaah haji dari Gaza. Perang tersebut merenggut kedua orang tuanya, kakak laki-lakinya, tiga anaknya, dua saudara perempuannya, dan seluruh keponakannya.

“Kami berterima kasih kepada kepemimpinan dan masyarakat Arab Saudi atas inisiatif murah hati untuk meringankan penderitaan kami dengan mengundang kami dalam perjalanan ziarah ini. Mungkin ini bisa membantu kita menemukan hiburan,” katanya.

Di antara para peziarah juga terdapat Harbi Al Suwaikiri yang sedang mengelilingi lobi hotel dengan kursi rodanya, wajahnya berseri-seri dengan gembira.

“Saya menghabiskan 10 tahun di penjara. Mereka telah menjatuhkan hukuman 800 tahun penjara kepada saya karena saya adalah seorang jenderal di Otoritas Palestina. Saya tidak pernah membayangkan akan berada di sini, di kota suci Makkah, mengenakan pakaian Ihram untuk menunaikan ibadah haji,” ujarnya.

“Tetapi Tuhan Maha Kuasa. Saya dibebaskan saat krisis baru-baru ini, namun saya menjadi korban pemboman, dan kaki saya diamputasi dari lutut ke bawah. Namun penderitaanku terobati ketika aku diundang oleh Penjaga Dua Masjid Suci untuk menunaikan ibadah haji di Makkah.

“Semua penderitaan saya telah mereda, dan saya akan kembali ke Gaza dengan tekad dan tekad yang lebih besar karena segala sesuatu mungkin terjadi jika seseorang memiliki harapan.”(thenational)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus