5 Makanan/Minuman Terbaik di Pagi Hari dan Manfaatnya

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan Makanan Sehat kopi 09/02/2021
Gambar oleh RitaE dari Pixabay
Gambar oleh RitaE dari Pixabay

Oase.id – Sarapan di pagi hari dengan menu yang bergizi dan seimbang dapat memberikan energi dan mencegah makan terlalu banyak di siang hari. Makanan yang bergizi juga akan meningkatkan konsentrasi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Berikut beberapa makanan terbaik yang bisa dikonsumsi pada pagi hari, seperti dilansir dari Healthline.com:

1. Telur
Telur jika dikonsumsi pada pagi hari akan meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi asupan kalori dan membantu menjaga kadar gula darah. Selain itu, kuning telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Seorang Ahli diet dan Nutrisi, Dr Franziska Spritzler mengatakan bahwa salah satu sumber kolin terbaik yang sangat penting bagi kesehatan otak dan hati terdapat dalam telur.

2. Yogurt
Yogurt mengandung protein yang terbukti dapat mengurangi perasaan lapar dan memiliki efek termal yang lebih tinggi daripada lemak atau karbohidrat. Istilah efek termal ini mengacu pada peningkatan laju metabolisme yang terjadi setelah makan.

"Selain rasa kenyang, yoghurt juga membantu mengontrol berat badan dan menghilangkan lemak tubuh," kata Dr Franziska.

Untuk meningkatkan kandungan vitamin, mineral dan serat, cobalah dengan mencampurkan yogurt dengan buah beri atau buah-buahan lainnya.

3. Kopi
Dengan mengonsumsi kopi di pagi hari terbukti dapat meningkatkan mood, kewaspadaan dan kinerja mental. Dosis minum kopi yang efektif yaitu 38-400 mg per hari untuk memaksimalkan manfaat kafein yang terkandung dan mengurangi efek sampingnya.

"Kafein juga terbukti meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak, sekitar 100 mg kafein per hari membantu orang membakar 79-150 kalori ekstra selama 24 jam,” Jelas Dr Franziska.

4. Oatmeal
Oatmeal terbuat dari gandum tanah yang memiliki kandungan serat unik yang disebut oat beta-glucan. Serat ini berfungsi untuk kesehatan terutama dalam mengurangi kolesterol. Selain itu oat kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

"Kaya akan serat, mengosumsi oatmeal juga harus dibarengi dengan kandung protein yang tinggi,” kata Dr Franziska “Dengan menyiapkan susu sebagai campuran oatmeal atau disajikan sepotong keju”.

5. Teh hijau
Selain kopi, teh hijau juga mengandung kafein yang akan membantu seseorang untuk meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati. Teh hijau hanya menyediakan 35-70 mg kafein per cangkir, yang merupakan setengah dari jumlah kopi. Manfaat lain dari meminum teh hijau seseorang akan mengalami penurunan kadar gula darah dan insulin

"Teh hijau juga mengandung antioksidan yang dikenal sebagai EGCG yang dapat melindungi otak, sistem saraf, dan jantung dari kerusakan,” ungkap Dr Franziska.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus