Gua Hira Akan Dilengkapi Sistem Kereta Gantung pada Tahun 2025

N Zaid - Arab Saudi 18/08/2024
Foto: theislamicinformation
Foto: theislamicinformation

Oase.id - Arab Saudi mengumumkan rencana untuk membangun sistem kereta gantung guna meningkatkan akses ke Gua Hira, yang terletak di Jabal Al Noor, Mekkah. Proyek ini akan diluncurkan pada tahun 2025.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengalaman ziarah, sehingga memudahkan pengunjung untuk mengunjungi gua tersebut tanpa harus mendaki seluruh gunung.

Fawaz Al-Muhrej, CEO Samaya Investment Company, yang mempelopori proyek tersebut, mengonfirmasi bahwa kereta gantung tersebut akan beroperasi tahun depan.

Proyek ini sedang dalam tahap akhir, dan setelah selesai, proyek ini akan menyediakan sarana modern dan nyaman bagi para peziarah dan pengunjung untuk mencapai Gua Hira yang berada di dataran tinggi.

Kereta gantung tersebut merupakan bagian dari “Distrik Budaya Hira” yang lebih besar, yang dibuka tahun lalu dan membentang seluas lebih dari 67.000 meter persegi.

Daerah ini terletak di dekat Jabal Al Noor, di mana Gua Hira memiliki makna keagamaan yang sangat penting karena merupakan tempat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam menerima wahyu pertama Al-Qur’an.

Secara historis, mengunjungi Gua Hira merupakan tantangan karena ketinggian gunung dan jalan setapak yang terjal menuju ke sana. Namun, tahun ini jalan beraspal diperkenalkan untuk memudahkan akses.

Distrik Budaya Hira juga menampilkan model gua seukuran manusia, yang memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan pengalaman dari dekat hingga kereta gantung mulai beroperasi.

Pembangunan ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas Gua Hira secara signifikan, menawarkan pengalaman yang lebih nyaman dan memperkaya bagi para peziarah dan wisatawan.(theislamicinformation)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus