8 Fakta Tentang Kazan, Rumah dari Salah Satu Masjid Terbesar di Eropa

N Zaid - Fakta Unik 28/11/2022
Kota Kazan. Foto Pixabay
Kota Kazan. Foto Pixabay

Oase.id - Kazan, kota yang berpenduduk mayoritas muslim di Rusia ini kaya dengan budaya dan sejarah berusia berabad-abad. Sebagai pusat Republik Tatarstan kuno dan salah satu kota paling modern di Rusia, pusat dinamis dan ramai ini merupakan pertemuan berbagai era yang telah membentuknya sepanjang waktu.

Dengan segala daya tariknya, berikut dirangkum fakta-fakta menarik tentang Kazan ini seperti dikutip dari culturetrip.com.

1. Kazan lebih tua dari Moskow

Nyatanya, Kazan bukan hanya salah satu kota tertua di Rusia, tapi juga di Eropa Timur. Sekitar 150 tahun lebih tua dari Moskow. Resmi didirikan pada tahun 1005, dan menjadi bagian dari kerajaan Mongol-Tatar terbesar di dunia, Golden Horde, pada abad ke-13. Ivan yang Mengerikan merebut kota itu dan membawanya ke masa pemerintahan Kekaisaran Rusia pada abad ke-16.

2. Kazan adalah kota ketiga Rusia, setelah Moskow dan St Petersburg

Sebagai ibu kota Tatarstan, Kazan merupakan pusat kebudayaan masyarakat Tatar kuno dan pernah dijuluki sebagai 'Athena dari Volga'. Status budayanya juga bertahan di zaman modern, karena merupakan rumah bagi lebih dari 30 universitas dan lebih dari 40 museum dan galeri.

3. Sebagian besar penduduk Kazan berbicara bahasa Rusia dan Tatar

Sebenarnya, seluruh Tatarstan adalah dwibahasa. Dua bahasa resmi republik ini adalah Tatar dan Rusia, dan keduanya berstatus sama.  Bahasa Tatar awalnya didasarkan pada aksara Arab, hingga awal abad ke-20 ketika diganti dengan abjad berbasis Latin. Selama Uni Soviet, Stalin memaksa Tatar untuk mengadopsi Cyrillic dan pada tahun 1991, Tatarstan memenangkan hak untuk kembali menggunakan abjad Latin.

4. Kazan memiliki salah satu masjid terbesar di Eropa

embed

Pembangunan Masjid Qolşärif dimulai pada abad ke-16 dan, pada saat itu, terkenal sebagai masjid terbesar di Eropa. Namun, pada tahun 1552 Ivan yang Mengerikan menyerbu kota dan menghancurkan Qolşärif, dan baru pada tahun 1996 pemulihan mulai dilakukan. Selesai pada tahun 2005, pengunjung sekarang dapat melihat masjid dengan kemegahan penuh.

5. Sistem metro Kazan hanya memiliki 10 perhentian

embed

Sistem kereta bawah tanah hanya terdiri dari satu jalur yang melewati 10 perhentian. Mengendarai jalur dari satu ujung ke ujung lainnya akan memakan waktu sekitar 15 menit, menjadikannya salah satu metro terpendek di dunia. Sistem metro Kazan dibangun pada tahun 2005, dan pengumuman dibuat dalam bahasa Tatar, Rusia, dan Inggris. Sejalan dengan metro Moskow, desain interior stasiun sangat mengesankan.

6. Kremlin Kazan adalah situs Warisan Dunia UNESCO

embed

Sebagai satu-satunya benteng Tatar yang tersisa di Rusia, tembok putih megah Kremlin Kazan terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO. Dengan bagian-bagian struktur yang berasal dari abad ke-10, Kremlin adalah pemandangan langka yang tidak boleh dilewatkan di kota ini.

7. Sungai terpanjang di Eropa mengalir melalui kota

embed

Pada 3.700 km (2.300 mil), Volga adalah sungai terpanjang di Eropa. Itu dimulai di Perbukitan Valday di Rusia barat laut, dan akhirnya berakhir di Laut Kaspia. Kazan terletak di pertemuan sungai Volga dan Kazanka, yang memberikan pemandangan yang cukup spektakuler dari bagian kota tertentu. Di dalam Kremlin, di antara beberapa pemandangan kota yang paling penting, terdapat tempat pengamatan di mana wisatawan dapat menikmati keindahan alam Volga.

8. Makanan penutup nasional Tatarstan adalah Chak-Chak

embed

Kazan adalah perpaduan budaya, dan merupakan tempat untuk mencoba masakan Tatar. Tetapi jika Anda harus mencoba satu hal saja saat berada di Kazan, sebaiknya makanan penutup paling ikonik di Tatarstan, chak-chak. Ini adalah suguhan roti goreng yang disiram madu, sering kali dibawa keluar pada perayaan dan pernikahan. Untuk perayaan milenium kota pada tahun 2015, 20 orang berangkat untuk membuat rekor chak-chak terbesar, dengan berat 1.000 kilogram (2.200 pound).(theculturetrip)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus