4 Bahaya Hasad atau Penyakit Dengki

Octri Amelia Suryani - Hasad Dengki Penyakit Hati Hukum Islam 24/08/2022
Alquran (Gambar oleh Pexels dari Pixabay)
Alquran (Gambar oleh Pexels dari Pixabay)

Oase.id - Hasad atau sifat dengki merupakan penyakit hati yang berbahaya bagi manusia. Karena penyakit ini akan menyerang hati mereka dan membuat dia benci terhadap kenikmatan yang telah diperoleh oleh orang lain, dan merasa senang jika kenikmatan tersebut musnah.

Seperti halnya dalam sebuah pekerjaan yang mana pegawai yang satu merasa dengki terhadap pegawai yang lain. Atau dalam persaudaraan juga sering terjadi saudara yang satu dengki kepada saudara yang lainnya. 

Banyak bahaya yang akan didapat bagi mereka yang mempunyai penyakit hasad atau dengki. Di antaranya: 

1. Penuh kesengsaraan dalam hatinya

Orang yang memiliki penyakit hasad, hatinya akan penuh dengan kesengsaraan. Orang yang seperti ini akan merasakan tidak enak pada hatinya setiap kali melihat kenikmatan yang didapatkan oleh orang lain. Hakikatnya adalah mereka tidak suka dengan apa yang telah Allah takdirkan dan menentang takdir Allah.

Sebagaimana perkataan Ibnul Qayyim RA: “Sesungguhnya hakikat hasad adalah bagian dari sikap menentang Allah karena ia (membuat si penderita) benci kepada nikmat Allah atas hamba-Nya; padahal Allah menginginkan nikmat tersebut untuknya. Hasad juga membuatnya senang dengan hilangnya nikmat tersebut dari saudaranya, padahal Allah benci jika nikmat itu hilang dari saudaranya. Jadi, hasad itu hakikatnya menentang qadha’ dan qadar Allah”. (Al-Fawa'id)

2. Hasad dapat melahap kebaikan

Rasulullah ﷺ juga menyebut dengan jelas agar siapa pun untuk menghindari penyakit hati ini:

اِياَّ كُم وَالحَسَدَ فَاِنَّ الْحَسَدَ يَاْ كُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَاْ كُلُ النَّارُ الحَطَبَ

Artinya: ”Jauhkanlah dirimu dari hasad karena sesungguhnya hasud itu memakan kebaikan-kebaikan sebagaimana api memakan kayu-bakar.” (HR. Abu Dawud)

3. Hasad merupakan karakter orang Yahudi

Mereka yang memiliki sifat hasad serupa dengan Yahudi. Di mana sifat orang-orang Yahudi salah satunya adalah senang melihat orang susah. Sehingga mereka yang memiliki penyakit hasad akan senang jika orang lain kesusahan.

Oleh sebab itu, mereka menyerupai karakter orang-orang Yahudi. Sebagaimana sabda Rasulullah bahwa siapa saja yang memiliki ciri orang kafir, maka dia menjadi bagian dari mereka. Nabi bersabda:

“Barangsiapa menyerupai sekelompok orang maka dia bagian dari mereka.” (HR Ahmad dan Abu Daud)

4. Hasad dapat menyebabkan seseorang lupa berdoa meminta karunia Allah

Orang yang hasad selalu memikirkan nikmat yang ada pada orang lain sehingga lupa untuk berdoa meminta karunia kepada Allah. 

Sedangkan Allah SWT berfirman dalam Surah An-Nisa ayat 32:

وَلا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللَّهُ بِهِ بَعْضَكُمْ عَلَى بَعْضٍ لِلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبُوا وَلِلنِّسَاءِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبْنَ وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

Artinya: Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi Para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu. (QS. An-Nisa’: 32)

Ketika hasad timbul di hati seseorang, umumnya orang yang didengki itu akan dizalimi.  Sehingga orang yang didengki punya hak di akhirat nanti untuk mengambil kebaikan orang yang dengki kepadanya.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus