Majalah Time Nobatkan Dar Tantora Sebagai Salah Satu Tempat Terbaik di Dunia

N Zaid - Tempat bersejarah di Arab Saudi 15/08/2024
foto: Arabnews
foto: Arabnews

Oase.id - Majalah Time merilis daftar tahunannya mengenai “tempat-tempat terbaik di dunia” minggu ini, dengan Arab Saudi mengamankan tempat tersebut berkat Dar Tantora The House Hotel di desa bersejarah Kota Tua AlUla.

Dirancang oleh arsitek Mesir, Shahira Fahmy, hotel ini adalah "pilihan penginapan pertama dan satu-satunya yang dibangun langsung dari rumah-rumah bata lumpur berusia lebih dari 800 tahun yang dulunya merupakan perhentian penting di sepanjang rute perdagangan dupa melalui Jazirah Arab," Time melaporkan.

Fahmy dan timnya merenovasi 30 bangunan di area tersebut. Hotel ini hanya diterangi cahaya lilin dengan listrik yang minim.

 

“(Penghuninya) dulu menggunakan ventilasi silang untuk aliran udara yang optimal, dengan satu jendela lebih tinggi dari yang lain dan satu lebih besar, jadi kami juga menirunya,” katanya kepada Arab News dalam wawancara sebelumnya. “Mereka tetap sejuk di teras, jadi kamar kami dibuat bertingkat.”

Orang-orang yang tinggal di kota itu 800 tahun lalu mengecat dinding bagian dalam dengan cat putih dan menghiasinya dengan mural merah dan biru, kata Fahmy.

 

“Saya berurusan dengan warisan. Ini adalah kota Islam (kuno), jadi, ini adalah reruntuhan arkeologi. Anda memiliki konteks, di mana bangunan dibangun di antara batu, bata lumpur, dan pertanian. Anda memulihkan sesuatu yang sudah ada,” katanya.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus