Mahkamah Agung Arab Saudi Menyerukan Warganya Mencari Bulan Sabit Ramadan pada Selasa Malam

N Zaid - Ramadhan 21/03/2023
Ilustrasi. Foto Arabnews
Ilustrasi. Foto Arabnews

Oase.id - Mahkamah Agung Arab Saudi telah meminta semua Muslim di Kerajaan untuk mencari bulan sabit Ramadan pada Selasa malam, Saudi Press Agency melaporkan.

Selasa bertepatan dengan tanggal 29 Syaban 1444 dan jika bulan sabit Ramadhan terlihat pada Selasa malam, maka Ramadhan akan dimulai pada hari Rabu. Jika tidak, bulan suci akan dimulai pada hari Kamis.

Pengadilan mengatakan siapa pun yang melihat bulan Ramadan dengan mata atau melalui teropong harus memberi tahu pengadilan terdekat ke lokasi mereka dan merekam kesaksian mereka di sana, atau menghubungi pusat terdekat sehingga mereka dapat diarahkan ke pengadilan terdekat.

Sementara di Indonesia, penentuan awal puasa kerap berbeda antara ormas dan pemerintah. Namun, pada 2023 ini kemungkinan awal puasa Ramadhan akan bersamaan. Ini disampaikan oleh Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar saat konferensi pers Maklumat PP Muhammadiyah tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, Zulhijah 1444 H, Senin (6/2/2023).

Sementara berdasarkan kalender 2023, awal Ramadhan 2023 diperkirakan jatuh pada tanggal 22-23 Maret 2023. (Arabnews)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus