Pahala Bagi Istri Salihah yang Taat kepada Suaminya

Octri Amelia Suryani - Pahala Keluarga 23/09/2021
Photo by cottonbro from Pexels
Photo by cottonbro from Pexels

Oase.id - Setiap pasangan suami istri punya impian untuk selalu membina rumah tangga yang sakinah, mawaddah wa rahmah. Untuk mewujudkan impian itu dalam berumah tangga, maka pasangan suami istri perlu saling menghargai satu sama lain. Tak terkecuali, istri juga harus taat kepada suaminya.

Istri salihah merupakan aset berharga. Namun pertanyaannya, apa ganjaran atau pahala yang didapat seorang istri jika senantiasa taat kepada suaminya? 

Sebagai seorang istri, ada upaya untuk terus memperbaiki diri. Selain itu, akan senantiasa berbuat baik agar dapat menjadi seorang istri yang salihah.

Nabi Muhammad ﷺ bersabda bahwa perhiasan paling indah adalah istri yang salihah.

Dari Abdillah bin ‘Amr, sesungguhnya Rasulullah ﷺ pernah bersabda: 
“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah istri yang salihah.”

Selain hadis tersebut, terdapat firman Allah dalam surat An-Nisa ayat 34, yang artinya:

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka perempuan yang salihah, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Perempuan yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasihatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah maha tinggi lagi maha besar."

Berdasarkan ayat tersebut, dipahami bahwa istri yang salihah bisa menyejukkan ketika dipandang. Apalagi saat menaati dan menghormati suaminya. Begitu pun sebaliknya, ketika suaminya menghormati sang istri. Apabila bisa saling menghormati satu sama lain antara suami dan istri, maka kehidupan bahtera rumah tangga dapat terjalin secara harmonis. 

Memang menjadi seorang istri yang salihah membutuhkan proses yang tidak mudah. Ada banyak tantangan yang mesti ditempuh. Namun, itu semua tak akan sia-sia. Semua akan berbuah manis. Sebab, seorang istri salihah yang taat kepada suaminya akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Mengenai pahala yang akan diberikan kepada istri salihah, kita bisa melihat dari arti hadis berikut ini:

Dari Abdurrahman bin ‘Auf, ia berkata, rasulullah ﷺ pernah bersabda: “Bila seorang istri menjalankan salat yang lima waktu, menjalankan puasa ramadhan, menjaga kehormatannya, serta berbakti pada suaminya, maka dikatakan kepadanya, silahkan masuk ke dalam surga dari pintu surga yang mana saja.”


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus