Destinasi yang Asyik Dikunjungi Saat Musim Dingin di Türki

N Zaid - Turki 13/12/2023
Makam Meviana di Konya. Foto: Getty Image
Makam Meviana di Konya. Foto: Getty Image

Oase.id - Musim dingin adalah salah satu waktu terbaik dalam setahun untuk berwisata di Türkiye, terutama jika Anda pecinta ski atau penggemar sejarah. Mengunjungi situs-situs dan kota-kota kuno dan bermain ski di hampir selusin tempat berbeda yang ditawarkan negara ini adalah cara untuk mendapatkan sesuatu yang dinanti-nantikan dalam menjadikan musim dingin ini menyenangkan.

Aktivitas terpanas di musim dingin adalah bermain ski.

Salah satu liburan musim dingin paling populer di kalangan orang Turki adalah bermain ski, dan ada banyak pilihan untuk melakukannya. Meskipun Uludağ adalah tujuan ski terbesar dan paling mapan di negara ini dengan banyak resor dan landasan, Palandöken di Erzurum benar-benar akan memuaskan para profesional.

Dibangun untuk Olimpiade Musim Dingin dan memiliki landasan pacu dua digit, ini adalah tempat ski paling elit di negara ini. Lalu ada Kartalkaya, yang menawarkan kesempatan indah untuk bermain ski lebih santai dan kesempatan untuk menjelajahi wilayah sekitar Laut Hitam di Bolu.

Meskipun Uludağ dan Kartalkaya berjarak beberapa jam berkendara dari Istanbul, Palandöken memerlukan penerbangan pesawat singkat.

Cerobong peri di Cappadocia
Memukau di musim dingin, Cappadocia selalu menjadi petualangan mistis kapan saja sepanjang tahun, namun menyaksikan karakteristik pohon-pohon peri yang tertutup salju merupakan pemandangan yang layak untuk dialami.

Hal yang sama juga berlaku pada pengalaman naik balon udara pada saat-saat seperti ini, yang kadang-kadang tidak mungkin dilakukan dalam cuaca yang sangat buruk, namun seringkali, mereka melakukan penerbangan tetap.

Menginap di hotel gua dan menunggang kuda adalah petualangan lain yang dapat menyempurnakan perjalanan yang sudah spektakuler hanya dengan mengunjungi Museum Göreme yang terbuka, yang melibatkan penemuan terowongan dan kota bawah tanah yang diukir dalam formasi batuan khas wilayah tersebut.

Ramuan awet muda: Pemandian air panas
Salah satu pengalaman paling menenangkan dan menyegarkan yang bisa didapat di musim dingin di Türkiye adalah mengunjungi salah satu pusat pemandian air panas di negara itu dan menikmati berendam di pemandian kaya belerang dan mineral.

Beberapa destinasi di Türkiye memiliki hotel dengan pemandian air panas di mana Anda dapat menginap dan berendam di air yang menyembuhkan sambil menjelajahi daerah sekitar. Yalova, Bursa, Denizli, Afyon, Bolu, Manisa dan bahkan Ankara dengan mata air panas Haymana.

Ekspres Timur ke Kars
Titik timur laut Kars adalah tempat yang spektakuler untuk dikunjungi di musim dingin karena pemandangan indah yang diperkaya salju, keju, dan situs bersejarah.

Untungnya, perjalanan kereta Eastern Express dapat mengantarkan Anda ke sana dalam waktu 24 jam perjalanan, yang membawa penumpang melewati pemandangan menakjubkan saat melewati kota-kota seperti Erzincan dan Erzurum. Sarıkamış di Kars juga merupakan tempat yang indah untuk bermain ski dan merupakan salah satu tempat dengan salju terbaik di negara ini.

Waktu panas di Antalya
Di musim panas, kota Antalya panas terik dan ramai sehingga tidak menarik perhatian bagi sebagian orang yang tahan terhadap panas berlebih. Ini menjadikannya tempat terpanas di musim dingin, jadi waktu yang tepat untuk mengunjungi kota ramai di Mediterania yang menawarkan kota tua dan museum arkeologi yang mengesankan.

Tempat-tempat di sekitarnya, seperti Manavgat, sangat cocok untuk melarikan diri ke alam atau menggabungkan perjalanan dengan kunjungan ke Demre, di mana Sinterklas tinggal dan meninggal dan di mana terdapat gereja untuk menghormatinya.

Dari sana, kunjungi pahatan batu kuno di Myra, yang merupakan salah satu perhentian di Lycian Way, dan juga dapat didaki dengan nyaman sepanjang tahun ini.

Şirince yang lucu, Efesus yang epik
Puncak bukit yang sangat indah dan desa Sirince yang berhutan, dengan arsitektur khasnya, jalanan berbatu, dan hotel butik kelas atas, menjadikannya tempat yang spektakuler untuk menjelajahi kota bersejarah Selcuk di dekatnya, yang hanya berjarak tujuh kilometer dari kota kuno tersebut. Efesus dan Rumah Perawan Maria.

Di bagian atas daftar keinginan untuk Türkiye, tempat-tempat di Izmir ini paling baik dikunjungi saat cuaca lebih dingin. Desa Sirince juga memiliki Tiyatro Medresesi, sekolah teater dan desa Matematika Aziz Nesin, dan di Selcuk juga terdapat museum kereta api.

Ski, mata air panas di Sapanca
Hanya satu jam 30 menit berkendara dari Istanbul akan membawa Anda jauh ke kota Sapanca yang tenang, yang merupakan bagian alam menakjubkan di sekitar Danau Sapanca.

Mulai dari bermain ski di Kartepe, mengunjungi pemandian air panas, atau bahkan menaiki kereta gantung, tempat bersantai ini menjadi basis untuk beberapa petualangan menyenangkan. Terdapat akomodasi bergaya kabin hutan yang indah untuk menikmati danau dan suasana nyaman kota yang indah ini.

Medan pertempuran Gallipoli, Çanakkale
Benamkan diri Anda dalam sejarah dengan mengunjungi medan pertempuran Gallipoli, yang terletak di semenanjung Selat Dardanelles. Dengan kota universitas Çanakkale yang ramai sebagai basis Anda, mudah untuk naik feri mobil langsung ke Gallipoli dan kemudian mengunjungi medan pertempuran ikonik di mana kemenangan dalam Kampanye Dardanella mengarah pada pembentukan Republik.

Situs penting kedua yang harus dikunjungi bagi pecinta sejarah adalah Troy, yang hanya berjarak setengah jam berkendara dari Çanakkale. Pergilah ke selatan selama setengah jam lagi, dan Anda akan tiba di Assos, tempat kota kuno yang pernah diajarkan Aristoteles masih berdiri untuk dijelajahi dengan takjub.

Kemudian kunjungi kota Behramkale dan Kuil Apollon yang menjulang tinggi, dengan tiang-tiangnya di langit memecah pemandangan yang menakjubkan.

Tur ke Göbeklitepe
Salah satu peradaban tertua di planet ini ditemukan di Göbeklitepe, sebuah situs arkeologi yang menarik di Şanliurfa. Beberapa perusahaan tur menawarkan tur berpemandu yang dimulai dari Gaziantep dan juga mengunjungi Mardin, menjadikannya petualangan musim dingin yang cukup mengasyikkan.

Tur ini menggabungkan akomodasi dengan perjalanan bus dan tur kawasan yang dipimpin oleh pemandu profesional. Perusahaan seperti Jolly Tur dan Fez menawarkan jenis tur lengkap ini sepanjang musim dingin.

Semangat Konya
Desember adalah waktu terbaik dalam setahun untuk mengunjungi Konya, karena kota ini menjadi semarak dengan Festival Mevlana, yang merupakan perayaan selama dua minggu untuk menghormati cendekiawan dan penyair Islam Mevlana, yang dikenal sebagai Rumi.

Mulai dari upacara Whirling Darwis hingga mengunjungi Museum Mevlana dan menghadiri pameran, ceramah, dan jalan-jalan, banyak sekali kegiatan yang diadakan untuk menghormati Rumi kali ini dalam rangka memperingati wafatnya pada 17 Desember.(Dailysabah)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus