Doa Ketika Merasa Takut & Cemas

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Oase.id - Sebagai manusia kita pasti pernah merasa takut atau cemas. Entah karena takut terhadap sesuatu yang belum terjadi atau yang sekarang tengah melanda Indonesia, takut Covid-19.

Bahkan, Nabi Muhammad ﷺ pun pernah merasakan ketakukan saat beliau diperintah oleh Allah Swt untuk memimpin dan menyampaikan amanah kepada umat manusia.
 
Tidak hanya itu, saat diberi wahyu oleh Allah Swt melalui malaikat jibril untuk membaca iqra’, tubuh Rasul ﷺ bergetar karena merasa takut.

Maka dari itu, untuk menghalau rasa takut tersebut hendaknya membaca doa sebagaimana yang tersaji berikut ini.

Diriwayatkan dalam kitab Sunan Abu Dawud dan Sunan at-Tirmidzi, dari Amru bin Syu’aib, dari bapaknya dan kakeknya, ia berkata:

“Sungguh Rasulullah ﷺ  mengajarkan kepada mereka ketika tertimpa rasa takut, dengan membaca: A’uudzu bikalimaatil laahit taammati min ghadhabihi wa syarri ‘ibaadihi wa min hamazzaatis sayaathiini wa an yahdhuruun.”

Artinya: “Aku berlindung dengan firman Allah yang sempurna, dari kemurkaan-Nya, dari godaan setan dan ketika mereka akan datang kepadaku.”

Sementara, Abdullah bin Amru mengajarkan putra-putranya yang belum berakal dan sudah berakal menuliskan dan mengalungkan kalimat dari doa tersebut ke lehernya. Imam Tirmidzi mengatakan, bahwa hadis tersebut merupakan hadis hasan.

Demikian doa ketika merasa takut. Bacalah doa tersebut saat kerap kali merasakan ketakutan, kecemasan dan rasa gelisah. Selain itu, bisa dibarengi dengan berzikir agar senantiasa dalam lindungan Allah Swt. Aamin.

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah karya al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus