5 Tempat Indah yang Disinggahi Rasul saat Isra Mi'raj

Siti Mahmudah - Isra Miraj Nabi Muhammad Saw 11/03/2021
Photo by Shams Alam Ansari from Pexels
Photo by Shams Alam Ansari from Pexels

Oase.id - Perayaan Isra Mi'raj memiliki makna bersejarah bagi umat Muslim di seantero dunia. Jika diingat sejarahnya, 27 Rajab ini merupakan perjalanan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam (SAW).

Dalam perjalanannya selama satu malam, Nabi Muhammad mendapatkan perintah menunaikan salat lima waktu yang sekarang kita kerjakan.

Selama melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidiil Aqsa di Yerusalem, lalu dari Masjidil Aqsa ke tempat tertinggi Sidratulmuntaha, Rasul menyinggahi beberapa tempat yang menjadi peristirahatan dan melakukan perjalanan Isra Mi’raj. 

Adapun 5 tempat yang disinggahi Rasul saat Isra Mi’raj yaitu sebagai berikut:

1. Masjidil Haram
Tempat yang mengisahkan sebelum peristiwa isra, sebelum berangkat Nabi Muhammad dibedah dadanya dari bawah leher hingga sampai di bawah perut. Kemudian dibersihkan hatinya dari semua kotoran yang ada dalam batinnya oleh Malaikat Jibril menggunakan bokor emas yang berisikan air zamzam.

2. Madinah
Setelah itu, Rasul kembali melanjutkan perjalanannya hingga sampai di kebun kurma. Jibril berkata kepada Kanjeng Nabi: “Saya persilahkan Kanjeng Nabi untuk turun, dan bersedialah kiranya untuk mengerjakan salat di tempat ini.” Selanjutnya Nabi turun dan mengerjakan salat sunah dua rakaat. 

Kemudian berangkat lagi. Malaikat Jibril bertanya kepada Nabi: “Mengertikah ya Baginda Rasul, di tempat manakah Baginda Rasul mengerjakan shalat tadi?” 

Kanjeng Nabi menjawab: “Saya tidak tahu.” Jibril berkata: “Baginda tadi salat di Thoyyibah (Madinah). Tempat Baginda Rasul akan berhijrah.”

3. Bukit Thursina
Bukit Thursina ini merupakan tempat Rasul mengerjakan salat sunah dua rakaat dan menjadi tempat munajat dan audiensinya Nabi Musa alaihis salam (AS) dengan Allah SWT.

4. Betlehem (Baitullahmi)
Tempat pemberhentian keempat terjadi di Betlehem (baitullahmi). Tempat kelahiran Nabi Isa alaihis salam (AS) dan tempat Rasul mengerjakan salat sunah. Tetapi di sini tidak diterangkan dengan jelas berapa rakaat Rasul mendirikan salat.

Di tempat ini juga, Nabi melihat jin Iffrit (jin yang jahat) mengikuti Nabi dengan membawa sebuah obor. 

5. Masjidil Aqsa
Tempat persinggahan terakhir Rasul yaitu di Baitul Maqdis (Masjidil Aqsa). Di sana Rasul melaksanakan salat sunah dua rakaat secara berjamaah dengan para nabi dan rasul serta malaikat Jibril.

Baitul Maqdis juga menjadi tempat Nabi Muhammad berangkat menuju Sidratul Muntaha dengan cara melewati langit yang berlapis-lapis dan bertemu dengan para nabi. Lalu, dilanjutkan dengan menghadap Allah SWT dan menerima perintah salat lima waktu.

Lain halnya Baitul Maqdis menjadi tempat kiblat pertamanya orang Islam. Dan, ada pula Dome of the Rock di sekitar Masjidil Aqsa yang menjadi saksi bisu peristiwa Isra Mi’raj.

5 tempat indah yang disinggahi Rasul saat Isra Mi’raj tersebut hingga kini menjadi tempat wisata religi yang banyak diminati oleh umat Islam.

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Dardir Bainama Qishatul Mi’raj karya Syekh Najmuddin Al-Ghaithi


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus