4 Cara Ini Membantu Agar Timbangan Tidak Naik saat Lebaran

Phooby Kamaratih - Kesehatan 13/05/2021
 Photo by mentatdgt from Pexels
Photo by mentatdgt from Pexels

Oase.id – Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya saat lebaran Idulfitri, umat Islam menghidangkan banyak masakan mulai dari yang berkuah santan, sampai kue-kue kering yang menggugah selera. Apalagi setelah satu bulan lama berpuasa, lebaran menjadi momen yang tepat untuk merayakan dengan menyantap seluruh hidangan khas lebaran seperti, opor ayam, ketupat, sambal ati dan lain-lain.

Namun, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi semua itu agar tak menyesal kemudian hari. Jangan sampai setelah lebaran timbangan berat badan naik tak terkontrol. Untuk mencegah itu, berikut Oase.id merekomendasikan beberapa cara untuk menjaga berat badan selama hari raya dan seterusnya;

1. Sarapan

Dilansir dari healthline.com, sarapan akan membantu tubuh menjaga asupan makanan di waktu selanjutnya agar jumlah yang dikonsumsi masih dalam porsi wajar. Saat waktu sarapan, usahakan untuk konsumsi makanan dengan kalori yang rendah, seperti oatmeal, telur rebus, smoothies, jus jeruk, dan lain-lain sehingga tubuh tidak makan secara berlebihan.

2. Konsumsi sayuran

Kandungan dalam sayuran seperti serat akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Saat ingin menyantap sesuatu, cobalah untuk makan sayuran terlebih dahulu sebelum makanan yang lain. Atau penuhilah isi piring dengan sayuran lebih banyak dari lauk berkalori tinggi lainnya.

3. Hindari minuman manis dan bersoda

Sejak Ramadhan, minuman manis dan bersoda selalu menarik perhatian. Namun, perlu diketahui bahwa minuman manis sangat berkontribusi pada kenaikan berat badan seseorang karena kandungan gula yang tinggi dan tidak bermanfaat. Untuk mengganti keinginan untuk menenguk minuman manis yang dingin, minumlah segelas air putih yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

4. Hari raya bukan tentang makanan

Hari raya Idulfitri menjadi momen penting untuk bercengkrama dengan keluarga dan sanak saudara. Menikmati hidangan lebaran sambil mengobrol dengan keluarga, dengan ini konsentrasi pada makanan akan terpecah dan cenderung makan lebih sedikit. Berhentilah makan saat tubuh sudah merasa kenyang dan beralihlah untuk bercakap dengan anggota keluarga yang lain.

Itulah 4 cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga agar berat badan tidak naik setelah lebaran dan tubuh menjadi tetap sehat. Semoga bermanfaat.


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus