5 Alasan Mengapa Roti Gandum Bagus untuk Diet

Phooby Kamaratih - Kesehatan 05/08/2020
Photo by hermaion from Pexels
Photo by hermaion from Pexels

Oase.id – Kebanyakan orang nyaris pasti mengidamkan berat badan ideal. Bukan melulu soal penampilan, memiliki berat badan ideal juga dinilai mampu mencegah seseorang dari berbagai penyakit.

Berbagai upaya pun dilakukan agar mendapatkan tubuh ideal, termasuk dengan mengatur pola makan menjadi lebih sehat dengan cara mengonsumsi karbohidrat yang tepat.

Roti gandum merupakan karbohidrat yang tepat untuk membantu kamu mencapai berat badan yang tidak berlebihan. Tak cuma itu, roti gandum juga bisa menjadi alternatif diet dalam rangka menurunkan berat badan.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah alasan mengapa roti gandum bagus untuk menunjang program dietmu;

 

Terbuat dari biji-bijian utuh

Roti ini diproses menggunakan gandum utuh. Hal inilah yang membuat roti gandum bernutrisi dan dianggap lebih unggul ketimbang roti yang terbuat dari tepung putih.

Secara alami, roti gandum memiliki serat dan nutrisi lebih tinggi. Dengan mengonsumsi roti ini, seseorang akan merasakan kenyang lebih lama.

 

Selain itu, roti gandum juga memiliki protein lengkap. Artinya, roti ini mengandung 9 asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Baca: Jangan Konsumsi 4 Makanan Ini bersama Obat-obatan

 

Membantu kontrol gula darah

Roti gandum mengandung karbohidrat dan kalori lebih rendah yang sangat bermanfaat dalam mengontrol gula darah.

Dalam sebuah penelitian The acute impact of ingestion of sourdough and whole-grain breads on blood glucose, insulin, and incretins in overweight and obese men ditemukan, roti gandum memiliki karbohidrat yang rendah sebesar 34 gram dalam porsi 4 ons (110 gram).

Kerennya lagi, roti gandum juga memiliki Indeks glikemik rendah yang sangat baik untuk penderita diabetes atau gula darah tinggi.

 

Nutrisi penting

Dibandingkan jenis lainnya, roti gandum memiliki nutrisi lebih tinggi, termasuk protein, serat, vitamin B, dan vitamin C.

Kandungan dalam roti gandum juga memiliki kemampuan menghilangkan anti nutrisi, yakni, zat yang banyak menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh.

 

Lebih mudah dicerna

Roti gandum akan lebih mudah dicerna dalam tubuh. Roti ini mengandung enzim lebih tinggi serra lektin yang lebih rendah ketimbang roti lainnya.

Dengan kandungan enzim dan lektin yang pas, roti gandum dipercaya bisa membantu tubuh lebih mudah dalam mencerna makanan.

Perlu diingat, mengonsumsi biji-bijan yang mengandung lektin tinggi dapat membuat peradangan kronis pada pencernaan.

Baca: Penggunaan Masker Mengganggu Kulit Wajah? Coba Ikuti Tips Ini

 

Rendah gluten

Roti gandum juga memiliki kandungan gluten lebih sedikit dari pada jenis roti lainnya.

Gluten merupakan protein yang ditemukan pada roti yang bertanggung jawab atas tekstur dan bentuk. Ternyata, banyak penelitian baru-baru ini yang memperlihatkan efek kesehatan negatif jika seseorang mengonsumsi gluten berlebihan. Termasuk, sindrom iritasi usus.

Meskipun roti gandum mengandung lebih sedikit gluten, orang harus tetap memiliki takaran yang tepat dalam mengonsumsinya.


(SBH)
TAGs: Kesehatan
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan