Doa Agar Dapat Rezeki Berlimpah, Baca di Pagi Hari

Octri Amelia Suryani - Doa Sehari-hari Doa Pagi Hari Salat Dhuha 10/11/2022
Ilustrasi Doa (Gambar oleh İbrahim Mücahit Yıldız dari Pixabay)
Ilustrasi Doa (Gambar oleh İbrahim Mücahit Yıldız dari Pixabay)

Oase.id - Rezeki adalah salah satu perkara yang dirahasiakan Allah Swt, sama halnya dengan kematian, umur, dan jodoh. Maka, sebagai umat muslim yang beriman, hendaknya tidak menaruh gelisah terkait rezeki, karena Allah Swt telah menjamin rezeki setiap umatnya.

Namun, sebagai umat yang baik, tidak serta merta menunggu rezeki itu turun tanpa ada usaha. Selain berusaha, kita bisa berikthiar dengan membaca doa.

Sebagaimana yang termaktub dalam Surah Hud ayat 6:

 وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Latin: Wa mā min dābbatin fil-arḍi illā 'alallāhi rizquhā wa ya'lamu mustaqarrahā wa mustauda'ahā, kullun fī kitābim mubīn

Artinya: Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allahlah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Ayat di atas menjelaskan bahwa setiap makhluk yang bergerak di muka bumi telah dijamin Allah rezekinya. Maksud dari “bergerak” adalah “berusaha”, dan tidak lupa pula berdoa. Karena Allah juga memberitahu dalam ayatnya bahwa manusia akan menerima sesuai apa yang diusahakannya.

Hal ini tertuang dalam Surah An-Najm ayat 39:

وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

Latin: Wa al laisa lil-insāni illā mā sa'ā

Artinya: dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.

Banyak sekali doa yang bisa kita ikhtiarkan untuk mendapatkan rezeki yang berlimpah. Seperti doa yang bisa diamalkan setiap pagi hari atau ketika melakukan salat dhuha. Kita tahu bahwa salat dhuha adalah salah satu ibadah sunah yang diyakini oleh umat muslim untuk melancarkan rezeki.

Dikutip dari Panduan Salat Praktis dan Lengkap oleh Ust. Syaifurrahman El-Fati, berikut bacaan doa ketika salat dhuha agar dapat rezeki berlimpah.

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Latin: Allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka walbahaa-a bahaa-uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quw watuka wal qudrata qudratuka wal 'ishmatta 'ishmatuk. Allaahumma in kaana rizqii fissamaa-i fa anzilhu wa in kaanafil ardhi fa-akhrijhu wa in kaana mu'assaran fayas sirhu wa in kaana haraaman fathahhirhu wa in kaana ba'iidan faqarribhu bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika wa jamaalika wa quuwatika wa qudratika aatinii maa aataita 'ibaadakash shalihiin.

Artinya: Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rezekiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.

Nah,inilah salah satu doa yang dapat diikhtiarkan jika ingin mendapatkan rezeki yang berlimpah dan bermanfaat. Yuk, mari kita amalkan.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus