Mukjizat Nabi Isa yang Tercantum dalam Surah Ali Imran Ayat 46-49

Octri Amelia Suryani - Nabi Isa Mukjizat Al-Quran Surah Ali Imran 24/08/2022
Al Quran (Gambar oleh Fauzan My dari Pixabay)
Al Quran (Gambar oleh Fauzan My dari Pixabay)

Oase.id - Mukjizat adalah sesuatu hal yang di luar kebiasaan dari pikiran manusia yang diberikan oleh Allah Swt. Suatu kejadian luar biasa yang diberikan Allah hanya kepada orang yang terpilih.

Mukjizat diberikan kepada orang terpilih karena mereka istimewa seperti Nabi dan Rasul. Allah Swt memberikan mukjizat kepada nabi dan rasul-Nya sebagai sarana untuk menyampaikan dakwah.

Salah satu nabi yang mendapat banyak mukjizat dari Allah Swt adalah Nabi Isa AS. Mukjizat Nabi Isa sangat jelas disebut dalam Surah Ali Imran ayat 46-49.

QS. Ali Imran: 46

وَيُكَلِّمُ النَّاسَ فِى الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا وَّمِنَ الصّٰلِحِيۡنَ

Artinya: dan dia berbicara dengan manusia (sewaktu) dalam buaian dan ketika sudah dewasa, dan dia termasuk di antara orang-orang shalih.

Ayat 46 ini menjelaskan mukjizat Nabi Isa bahwa ia bisa berbicara dengan manusia ketika masih kecil dalam ayunan untuk menjelaskan kebersihan ibunya dari tuduhan yang dilemparkan kepadanya. Hal itu juga untuk menjadi bukti atas kenabiannya.

Nabi Isa juga berbicara dengan manusia ketika dia sudah dewasa yakni sesudah Allah mengangkatnya menjadi rasul dan menurunkan wahyu kepadanya. Mukjizat ini diberikan Allah kepada Nabi Isa untuk menyampaikan perintah dan larangan-larangan Allah kepada manusia.

QS. Ali Imran: 47

يَمۡسَسۡنِىۡ بَشَرٌ ‌ؕ قَالَ كَذٰلِكِ اللّٰهُ يَخۡلُقُ مَا يَشَآءُ‌ ؕ اِذَا قَضٰٓى اَمۡرًا فَاِنَّمَا يَقُوۡلُ لَهٗ كُنۡ فَيَكُوۡنُ

Artinya: Dia (Maryam) berkata, "Ya Tuhanku, bagaimana mungkin aku akan mempunyai anak, padahal tidak ada seorang laki-laki pun yang menyentuhku?" Dia (Allah) berfirman, "Demikianlah Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Apabila Dia hendak menetapkan sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, "Jadilah!" Maka jadilah sesuatu itu.

Dalam ayat ini diceritakan tentang kekuatan Allah Swt untuk menciptakan apa saja yang dikehendaki-Nya. Termasuk menciptakan hal-hal yang ajaib seperti menciptakan anak tanpa ayah. Bahkan, Allah menciptakan Nabi Adam tanpa ayah dan ibu.

QS. Ali Imran: 48

وَيُعَلِّمُهُ الۡكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ۚ

Artinya: Dan Dia (Allah) mengajarkan kepadanya (Isa) Kitab, Hikmah, Taurat, dan Injil.

Untuk menguatkan posisi Isa sebagai rasul, Allah Swt menurunkan kepadanya al-Kitab, yaitu berupa pelajaran baca-tulis atau kitab-kitab yang diturunkan Allah. Dari al-Kitab tersebut dapat diperoleh ilmu-ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan di dunia dan akhirat.

QS. Al-Imran: 49

وَرَسُوْلًا اِلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ ەۙ اَنِّيْ قَدْ جِئْتُكُمْ بِاٰيَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ ۙاَنِّيْٓ اَخْلُقُ لَكُمْ مِّنَ الطِّيْنِ كَهَيْـَٔةِ الطَّيْرِ فَاَنْفُخُ فِيْهِ فَيَكُوْنُ طَيْرًاۢ بِاِذْنِ اللّٰهِ ۚوَاُبْرِئُ الْاَكْمَهَ وَالْاَبْرَصَ وَاُحْيِ الْمَوْتٰى بِاِذْنِ اللّٰهِ ۚوَاُنَبِّئُكُمْ بِمَا تَأْكُلُوْنَ وَمَا تَدَّخِرُوْنَ ۙفِيْ بُيُوْتِكُمْ ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَۚ

Artinya: Dan sebagai Rasul kepada Bani Israil (dia berkata), “Aku telah datang kepada kamu dengan sebuah tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuatkan bagimu (sesuatu) dari tanah berbentuk seperti burung, lalu aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan izin Allah. Dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahir dan orang yang berpenyakit kusta. Dan aku menghidupkan orang mati dengan izin Allah, dan aku beritahukan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu orang beriman."

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah Swt menjadikan Isa sebagai seorang rasul kepada Bani Israil. Allah mengutus Isa agar mengatakan kepada Bani Israil bahwa kedatangannya membawa beberapa tanda yang besar yakni "mukjizat" sebagai penguat risalahnya.

Berikut mukjizat-mukjizat Nabi Isa yang tercantum pada surah Ali Imran ayat 46-49:

  1. Nabi Isa dapat membuat dari tanah sesuatu yang berbentuk burung dan setelah ditiupnya lalu menjadi burung yang hidup seperti burung biasa.
  2. Dengan izin Allah Swt,  Nabi Isa dapat mengobati penyakit buta dan sopak.
  3. Nabi Isa atas izin Allah dapat menghidupkan orang mati.
  4. Nabi Isa dapat mengabarkan apa yang dimakan dan apa yang disimpan orang di rumahnya.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus