Bagaimana Islam Mempercayai Yesus Akan Kembali

N Zaid - Nabi Isa 20/12/2023
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Tidak ada tokoh sejarah yang menjadi subyek kontroversi sebanyak Yesus dari Nazaret. Dia dipuja sebagai Putra tunggal Tuhan, Mesias, Juru Selamat, dan sebagai Tuhan sendiri oleh umat Kristiani di dunia.

Orang-orang Yahudi percaya bahwa dia secara keliru mengaku sebagai Mesias yang diharapkan oleh orang-orang Yahudi.

Kaum rasionalis menyatakan bahwa Yesus Kristus tidak pernah ada. Menurut mereka, dia hanyalah mitos, “pahlawan palsu”.

Dari puluhan denominasi Kristen yang percaya akan kedatangan Yesus kedua kali, posisi Gereja Kristen Fundamentalis (atau Evangelis) tergolong unik.

Sistem kepercayaan mereka banyak dipengaruhi oleh Alkitab Referensi Scofield, yang merupakan karya Cyrus Ingerson Scofield (1843-1921), seorang pendeta di Dallas First Congregational Church. Dengan memasukkan penafsirannya sendiri atas ayat-ayat tertentu ke dalam Alkitabnya, ia mampu memberikan narasi baru terhadap sebuah cerita lama:

Scofield memberi tahu para pendengarnya bahwa dunia akan berakhir dalam kebakaran besar dunia terakhir yang disebut Armageddon. Namun, katanya, umat Kristiani yang telah dilahirkan kembali harus menyambut bencana seperti itu karena begitu pertempuran terakhir dimulai, Kristus akan mengangkat mereka ke awan.

Jadi bagi kaum Injili, bagian yang paling menarik dari cerita ini adalah bahwa “semua orang Kristen sejati” (artinya kelompok Kristen fundamentalis yang sama) akan diangkat secara jasmani ke surga pada suatu peristiwa ajaib yang disebut “Pengangkatan”, sehingga mereka akan diangkat ke surga terhindar dari “kesengsaraan” dan trauma yang dihadapi oleh orang-orang non-Kristen (yang mencakup semua orang Kristen lainnya seperti Katolik Roma dan sebagian besar kelompok Protestan).

Kaum “dispensasionalis” (salah satu kelompok di antara kaum Injili) percaya pada doktrin “Pengangkatan” yang akan segera terjadi. Menurut mereka, hal ini berarti bahwa Yesus akan datang diam-diam di awan dan membangkitkan orang-orang Kristen yang telah mati – dan dikuburkan – kembali dari kematian.

Yesus akan Kembali
Berbeda dengan kepercayaan di atas, umat Islam menganut keyakinan berikut tentang kedatangan Yesus yang kedua kali:

  • Yesus adalah seorang manusia nyata dan seorang nabi Allah yang diberkati yang hidup sekitar dua ribu tahun yang lalu, berkhotbah kepada umat-Nya, bangsa Israel.
  • Dia adalah Mesias (Masih) yang dinubuatkan oleh para nabi Israel sebelumnya.
  • Kedatangan Yesus kembali merupakan tanda akhir zaman.
  • Dia akan menghapus semua kebingungan yang ada di dunia mengenai kehidupan dan misinya.
  • Dia akan mengikuti hukum Tuhan yang disempurnakan oleh Nabi terakhir, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Tentang apa yang disebut “penyaliban” Yesus, Tuhan dalam Al-Quran mengatakan apa artinya:

Dan (adapun) perkataan mereka, “Kami telah membunuh Al-Masih, Isa putra Maryam, Rasulullah”, …Mereka tidak membunuhnya dan tidak menyalibnya, namun hal itu dibuat seolah-olah bagi mereka. Mereka yang memperdebatkannya merasa ragu akan hal itu. Mereka tidak mempunyai pengetahuan nyata tentang hal itu, hanya dugaan saja. Namun mereka jelas tidak membunuhnya. Allah mengangkatnya ke diri-Nya. Allah Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana. (4:157-58)

Bila dicermati ayat-ayat di atas menunjukkan hal berikut:

Bangsa Romawi dan Yahudi tidak membunuh Yesus; mereka tidak menyalibnya; tapi ternyata begitu.

Apa yang Terjadi pada Yesus?
Jadi pertanyaannya adalah: apa yang terjadi pada Yesus?

Dan jawabannya, menurut Islam, adalah: “Allah mengangkatnya ke hadapan-Nya.”

Mengingat konteks peristiwa yang dijelaskan, tampaknya tidak masuk akal untuk percaya bahwa “mengangkat dia” berarti, (seperti pendapat beberapa orang) mengangkat status spiritualnya di hadapan Tuhan.

Kita harus memahami bahwa Tuhan menyelamatkannya dari kematian terkutuk di kayu salib (seperti yang kemudian dituduhkan oleh Injil).

Terlebih lagi, kepercayaan terhadap penyaliban Yesus berasal dari konsep yang tidak dapat diterima dalam Islam mengenai dosa warisan umat manusia. Dan konsep pengorbanan darah yang dilakukan oleh Anak Tuhan yang tidak bersalah untuk menyelamatkan manusia berdosa sangat menjijikkan bagi akal sehat, keadilan, dan gagasan tentang Tuhan Yang Maha Penyayang.

Dan karena alasan ini, “penyaliban penebusan” Yesus tidak akan pernah terjadi. Dengan kata lain, kebenarannya adalah apa yang dikatakan Al-Quran bahwa dia tidak dibunuh atau disalib.

Al-Qur'an dan sabda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam mendukung keyakinan bahwa Yesus pasti akan kembali:

Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya! Putra Maryam akan kembali sebagai penguasa yang adil yang akan mematahkan salib, menyembelih babi, dan membatalkan upeti, dan uang akan sangat banyak jumlahnya sehingga tidak ada seorang pun yang membutuhkannya, dan satu tindakan sujud lebih disukai seseorang dari pada seluruh dunia dan seisinya. (Al-Bukhari)

Hal di atas jelas menunjukkan bahwa Yesus akan kembali ke bumi. Namun karena Islam telah disempurnakan oleh Tuhan melalui Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, maka Isa tidak akan melakukan penambahan atau pengurangan apa pun terhadap ajaran Islam. Sebaliknya, dia akan mengikuti Syariah (hukum Islam) Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Salah satu fungsi utama Yesus pada kedatangannya yang kedua kali adalah mengoreksi keyakinan salah yang tersebar tentang dirinya dan agamanya. Dan kemudian pengikut sejatinya adalah pengikut Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Pengikut Yesus akan menyatu dengan pengikut Muhammad.

Umat Muslim tidak tahu kapan Yesus akan datang, tapi mereka yakin dia akan datang.(Discovering Islam)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus