Arab Saudi: Lahan Dibuka Untuk Satu Pohon Per Bayi

N Zaid - Travel 03/05/2024
foto: Arabnews
foto: Arabnews

Oase.id - Setiap bayi yang lahir di sebuah rumah sakit di Arab Saudi bagian timur akan mendapatkan pohon yang ditanam atas namanya berdasarkan perjanjian terobosan antara fasilitas medis dan lembaga pro-pemerintah.

Rumah Sakit Bersalin dan Anak di Dammam dan perusahaan netralitas iklim netzero bersama-sama menandatangani nota kesepahaman yang meluncurkan inisiatif penanaman pohon untuk bayi baru lahir dengan tujuan mengkonsolidasikan lingkungan hidup yang sehat dan upaya kerajaan untuk melindungi lingkungan nasional dan regional.

“Memorandum ini mencakup penanaman pohon untuk setiap bayi baru lahir dan untuk anak-anak yang didiagnosis menderita diabetes, penyakit jantung, dan kelainan darah,” kata kepala operasi rumah sakit Saad Al Dousari.

Ia menambahkan dalam sambutannya di media bahwa rumah sakit akan mendapatkan daftar kelahiran anak-anak dan lokasi pepohonan, dengan inisiatif juga untuk menggabungkan digitalisasi penghijauan dan menindaklanjuti manfaat lingkungan dari setiap pohon yang akan dibudidayakan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Arab Saudi telah meluncurkan serangkaian langkah pro-lingkungan yang bertujuan untuk mengatasi perubahan iklim. Pada bulan Maret 2021, Putra Mahkota Mohammed bin Salman meluncurkan Inisiatif Hijau Saudi (SGI), sebuah rencana yang mengejar tiga target menyeluruh, yaitu pengurangan emisi, penghijauan dan regenerasi lahan, serta perlindungan lahan dan laut.

Dianggap sebagai aksi seluruh masyarakat, SGI berupaya untuk menyatukan seluruh upaya kerajaan untuk memerangi perubahan iklim di bawah satu payung dengan tujuan yang jelas termasuk mempercepat transisi ramah lingkungan. Pemerintah Saudi telah menetapkan tanggal 27 Maret sebagai hari resmi untuk merayakan ulang tahun SGI setiap tahunnya.

Oktober lalu, Arab Saudi meluncurkan inisiatif ambisius untuk menanam 10 miliar pohon pada Pekan Iklim MENA di Riyadh.(arabnews)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus