Di Masa Kekhalifahan Umar bin Khattab Orang Kristen dan Yahudi Miskin Diberi Tunjangan

N Zaid - Umar bin Khattab 31/01/2023
Ilustrasi. Foto Pixabay
Ilustrasi. Foto Pixabay

Oase.id - Omar bin al-Khattab, Khalifah Muslim kedua setelah kematian Nabi Muhammad ﷺ, sangat dihormati di kalangan umat Islam tidak hanya karena sifat saleh dan adil, tetapi juga karena menjadi pemimpin dan negarawan yang brilian.

Seorang tokoh perintis di dunia Islam, Omar pernah dan akan selalu dikenang, atas kontribusinya yang besar bagi agama Islam. Deskripsi penampilannya menunjukkan bahwa dia adalah pria yang kuat, bugar, tinggi, dan bagian depan kepalanya botak.

Sebelum menerima Islam, dia adalah salah satu musuh Nabi Muhammad ﷺ yang paling fanatik. Omar mengakui Muhammad ﷺ sebagai Utusan Allah setelah enam tahun masa kenabiannya, menjadi orang ke-40 yang memeluk agama Islam dan menjadi sahabat senior Nabi.

Tanggung jawab
Ketika nama Umar disebutkan, dia selalu digambarkan sebagai al-Farouk, atau pembeda antara yang benar dan yang salah.

Sebagai seorang pemimpin, Omar dikenal rendah hati, sadar akan pentingnya dan keseriusan tanggung jawabnya. Pada malam hari, ia dikenal berkeliling untuk memeriksa kondisi umat Islam. Tur malam itu tidak umum sebelum masa pemerintahannya, dan tidak dilakukan dengan kecepatan yang sama bahkan setelah kematiannya.

Rasa tanggung jawab dan kebaikannya juga meluas ke hewan, yang dia hargai karena mereka adalah ciptaan Tuhan. Omar sering dikutip menyatakan bahwa "jika seekor bagal tersandung di Irak, dia bertanggung jawab karena jalannya tidak diaspal."

Kepemimpinan dan manajemen
Karena di bawah kepemimpinannya dunia Islam meluas hingga mencapai Persia, Syria dan Mesir. Sebab itu Omar dipandang sebagai arsitek Kerajaan Islam. Sebagai seorang negarawan, ia membangun struktur politik untuk menyatukan negara Islam yang luas.

Dia membagi negara bagian menjadi provinsi dan menunjuk gubernur, yang dia tidak izinkan untuk berkuasa lebih dari dua tahun, karena takut hal itu akan memengaruhi peran mereka.

Di antara banyak prestasinya sebagai penguasa, Umar menetapkan Hijriah atau penanggalan Islam, yang dihitung mulai dari tahun Nabi Muhammad ﷺ meninggalkan Makkah ke Madinah.

Pada tahun 641, ia mendirikan Bayt al-mal, atau “Rumah Kekayaan”, lembaga keuangan pertama di negara Islam yang mengabaikan pajak dan mengelola distribusi pendapatan zakat untuk masyarakat. Dia juga memberikan tunjangan untuk orang Yahudi dan Kristen yang miskin.

Toleransi
Omar menghargai kebebasan individu dan menerapkan prinsip kesetaraan antara Muslim dan non-Muslim di dalam perbatasan negara Islam.

Diriwayatkan bahwa Omar pernah mendengar bahwa anak Amr bin As, seorang sahabat Nabi ﷺ dan penguasa yang ditunjuk Omar untuk Mesir, telah melecehkan dan memukuli seorang Kristen Koptik.

Omar memerintahkan anak Amr dihukum di depan umum di tangan korban. Dia kemudian dikutip mengatakan kepada keduanya, ayah dan anak: "Sejak kapan kamu mengubah laki-laki menjadi budak, sedangkan mereka dilahirkan bebas dari ibu mereka?"

Pembunuhan
Umar dibunuh di tangan seorang budak Persia, Piruz Nahavandi (juga dikenal sebagai Abu Lulu al-Majousi). Dikatakan bahwa Piruz menyerang Omar saat dia sedang memimpin sholat subuh, menusuk perut dan pusarnya dengan fatal.

Omar meninggal karena lukanya tiga hari kemudian.(alarabiya)


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus