Mengenal Etnis Tatar, Warisan Muslim Balkan

N Zaid - Silaturahmi 11/08/2022
Ilustrasi: Ist
Ilustrasi: Ist

Orang Indonesia kadang heran jika bertemu dengan warga Rusia/balkan yang beragama Islam. Tidak jarang mengira mereka merupakan seorang mualaf. Padahal, sebagian warga di Rusia memang memeluk agama Islam sejak zaman nenek moyang. Mereka adalah etnis Tatar. 

Apa itu etnis Tatar? Berikut seklumit informasi mendasar tentang etnis pemeluk agama Islam di Rusia/balkan itu.

Meskipun orang Tatar berasal dari banyak bagian Eropa Timur dan Asia Tengah, kelompok Tatar yang paling menonjol di Rusia adalah Tatar Kazan dari Tatarstan, sebuah wilayah yang masih sangat bangga dengan budaya kunonya. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang mereka.

Tatar Kazan adalah salah satu etnis minoritas dan penduduk asli Rusia yang paling terlihat, yang berusaha keras untuk mempertahankan dan merayakan budaya kuno mereka di zaman modern. Asal-usul mereka terletak pada khanat Tatar-Mongol yang kuat pada Abad Pertengahan, dan mereka terus mempertahankan reputasi Tatarstan sebagai wilayah budaya yang dinamis, tempat budaya Timur dan Barat bertabrakan.

Tanah air
Tatar terutama mendiami negara di sepanjang Sungai Volga di Rusia Eropa tengah. Wilayah Tatarstan di sisi Volga adalah jantung budaya Tatar Rusia, yang masih dipraktikkan dan dilestarikan dengan bangga. 

Tatar Kazan membentuk sekitar setengah populasi Tatarstan di zaman modern. Masih banyak peninggalan Tatar kuno di Tatarstan saat ini, tersebar di seluruh republik dan di Kazan juga. Kremlin Kazan terdaftar sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO karena fakta bahwa itu adalah benteng Tatar terakhir yang tersisa dan berasal dari abad ke-16 ketika Tatarstan jatuh ke Kekaisaran Rusia. Dan sebagai umat Islam, wilayah ini memiliki banyak masjid megah yang tersebar di dalamnya, termasuk Kul-Sharif Kazan.

Sejarah
Nenek moyang Tatar Kazan adalah orang-orang dari khanat Tatar-Mongol yang pernah memerintah di beberapa bagian Asia Tengah, Rusia, dan Eropa Timur. Pada abad ke-13, penakluk Mongol yang perkasa, Jenghis Khan, menarik banyak pengembara Turki di kawasan itu ke dalam pasukan ini. Ini adalah awal dari budaya dan orang Tatar, yang kemudian disejajarkan dengan Golden Horde, penerus khanat. Berasal dari Krimea, Tatar Krimea adalah kelompok besar etnis Tatar lainnya. Namun, mereka tidak berjalan dengan baik selama masa Soviet dan menjadi korban salah satu skema deportasi paksa massal Stalin dan dipaksa untuk hidup di pengasingan sampai Uni Soviet bubar. Sekarang diperkirakan sekitar 250.000 Tatar Krimea tinggal di wilayah tersebut.

Budaya
Sementara di khanat (entitas) mereka, Tatar mengembangkan struktur sosial yang kompleks dan bertingkat yang dipimpin oleh khan, dengan bangsawan, militer, dan kelas rakyat jelata di bawah penguasa. Tatar mampu mempertahankan struktur ini sampai Revolusi Rusia dan pembentukan Negara Soviet. Tatar juga secara tradisional nomaden, yang telah mempengaruhi masakan mereka. 

Daging kuda adalah makanan pokok dalam masakan Tatar, dan mereka juga dikenal dengan makanan panggang dan pai yang lezat, yang menopang mereka dalam perjalanan panjang mereka. Tapi mungkin hidangan yang paling ikonik adalah makanan penutup nasional Tatarstan, chak-chak, roti pipih goreng yang diolesi madu. 

Kesadaran akan identitas nenek moyang, membuat orang yang mengidentifikasi diri sebagai bagian dari budaya Tatar sedang berupaya untuk melestarikan bahasa Tatar. Salah satunya dengan mewajibkan bahasa Tatarstan di sekolah-sekolah sampai saat ini.
 


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus