Amalan yang Dapat Dilakukan pada Malam Nuzulul Quran

Octri Amelia Suryani - Ramadhan Puasa Nuzulul Quran 22/04/2022
Al Quran (Gambar oleh Afshad Subair dari Pixabay)
Al Quran (Gambar oleh Afshad Subair dari Pixabay)

Oase.id - Nuzulul Quran merupakan salah satu peristiwa yang terjadi pada bulan Ramadhan. Tepatnya peristiwa turunnya Al-Quran pada malam ke-17. Yang mana Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad ﷺ pertama kali di Gua Hira dengan menerima Surat Al-Alaq ayat 1-5.

Sebagaimana Firman Allah dalam penggalan QS Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ

Artinya: Bulan Ramadhan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembela (antara yang hak dan yang batil).

Dalam penggalan ayat di atas, menjelaskan tentang diturunkannya permulaan Al-Quran. Yakni surat Al-alaq ayat 1-5.

Setiap umat Muslim dapat memanfaatkan momen ini untuk memperbanyak amal ibadah. Seperti 4 amalan yang dapat dilakukan pada malam Nuzulul Quran.

Amalan yang bisa dilakukan pada malam Nuzulul Quran:

1. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran adalah salah satu amalan yang tidak pernah terlupakan. Sehingga membaca Al-Quran juga menjadi amalan yang dianjurkan pada malam Nuzulul Quran.

Namun bukan hanya sekedar membaca saja, umat Muslim juga dianjurkan untuk tadabur atau memperhatikan dan menggali ayat-ayatnya agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Melaksanakan Salat Malam

Selanjutnya salat malam yang merupakan amalan yang juga dianjurkan pada malam Nuzulul Quran. Biasanya melaksanakan salat malam diharuskan untuk tidur terlebih dahulu. Misalnya salat tahajut yang dapat dilakukan pada sepertiga malam terakhir sebelum melakukan sahur.

3. Iktikaf

Iktikaf juga masuk pada amalan yang hendaknya dilakukan pada malam Nuzulul Quran. Iktikaf adalah berdiam diri di masjid dan semata-mata beribadah hanya kepada Allah Swt. Ibadah yang satu ini biasa dijalankan Nabi Muhammad ﷺ pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

4. Membaca Doa Nuzulul Quran

Salah satu doa pada malam Nuzulul Quran yang dapat diamalkan:

اللهم نور قلوبنا بنور هدايتك كما نورت الارض بنور شمسك ابدا ابدا برحمتك يا ارحم الراحمين

Allahumma nawwir qulubana bi nuri hidayatika kama nawwartal ardho bi nuri syamsika abadan abada, bi rahmatika ya arhamarrahimin

Artinya: Ya Allah terangilah hati-hati kami dengan cahaya hidayah Mu seperti telah Kau terangkan bumi dengan cahaya matahari selama-lamanya, dengan rahmat-Mu Ya Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Demikianlah 4 amalan yang dapat dilakukan oleh umat Muslim pada malam Nuzulul Quran.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus