Doa yang Bisa Dibaca Ketika Kendaraan Mogok di Jalan

Siti Mahmudah - Doa Sehari-hari 25/10/2021
Mobil Mogok (Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay)
Mobil Mogok (Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay)

Oase.id - Tanpa diduga, sering kali saat melakukan perjalanan kendaraan yang digunakan mogok. Entah karena rusak atau hal lainnya. Oleh sebab itu, sebelum akan menggunakan kendaraan sebaiknya dicek terlebih dahulu untuk memastikan aman atau tidaknya. 

Kendaraan mogok dalam perjalanan memang sesuatu yang tidak diinginkan, akan tetapi terkadang mengalaminya. Nah, sebagai umat muslim, kita dilarang berkeluh kesah ketika mengalami mogok di jalan. Justru, kita diimbau untuk berdoa kepada Allah SWT.

Berikut ini Oase.id meringkas bacaan doa saat kendaraan mogok di perjalanan:

Diriwayatkan dalam kitab Ibnu Sunni dari Abdullah bin Mas’ud Radiyallahu anhu (RA), Rasul ﷺ bersabda: 

“Jika sesorang dari kalian mogok di gurun (jalan), maka hendaklah mengucapkan:  Yaa ibaadallaahi ahbisuu, yaa ibaadallaahi ahbisuu fa inna lillaahi ‘azza wajalla fil ardli haashiran sayahbisuhu.”

Artinya: “Wahai hamba Allah, tahanlah diri kalian. Wahai hamba Allah, tahanlah diri kalian. Sesungguhnya Allah memiliki penahan yang menahannya.”

Suatu ketika ada sebuah hikayat dari guru terkemuka, bahwa kendaraan yang pernah dinaikinya mogok bersama rombongan. Kendaraan tersebut tidak mampu berjalan lagi. Lalu, guru tersebut membaca doa yang diperintahkan Nabi ﷺ, beberapa saat kemudian kendaraannya dapat berjalan kembali.

Lain halnya, diriwayatkan dalam kitab Ibnu Sunni dari Sayid al-Jalil, yang telah disepakati kemuliaannya, hafalannya, keilmuan agamanya, wara’nya kesucian serta keahliannya, yakni Abu Abdillah Yunus bin Ubad bin Dinar al-Basyir, salah seorang tabiin yang masyhur, ia berkata:

“Tidaklah seorang berhadapan dengan kendaraan yang susah berjalan kemudian membacakan pada telinganya: Afaghaira diinillaahi yabghuuna wa lahu aslama man fis samaa-waati wal ardli thau’an wa karhan wa ilahi yurja’uun.”

Artinya: “Maka apabila mereka mencari agama selain agama Allah, padahal pada-Nya lah berserah diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa, dan hanya kepada Allah-lah tempat mereka kembali.”

Demikian beberapa doa yang bisa kita panjatkan ketika menghadapi situasi mogok kendaraan. Semoga, doa di atas bisa memberikan kita kesabaran dan keikhlasan, serta dimudahkan dalam mendapatkan pertolongan.  

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah karya al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus