Pakistan Gerak Cepat Datang ke Riyadh Bahas Perluasan Rute Makkah

N Zaid - Haji 20/09/2023
foto: Arabnews
foto: Arabnews

Oase.id - Menteri Agama sementara Pakistan Aneeq Ahmed telah memulai kunjungan selama seminggu ke Riyadh untuk membahas perluasan Inisiatif Rute Makkah dengan para pejabat Saudi menjelang ibadah haji tahun depan.

Pakistan telah menerima kuota 179.210 jamaah haji, sehingga mendorong kementerian untuk memulai persiapan bagi mereka yang berencana melakukan perjalanan spiritual.

Ahmed diberi pengarahan pada hari Selasa tentang pengaturan misi haji negara itu dan dijadwalkan bertemu dengan perwakilan dari perusahaan yang menyediakan fasilitas bagi jamaah.

Mohammed Umer Butt, juru bicara Kementerian Agama, mengatakan kepada Arab News bahwa sebelum kembali ke Islamabad pada 24 September, Ahmed akan mengadakan pertemuan terpisah dengan Menteri Haji dan Umrah Tawfiq Al-Rabiah dan Sekretaris Jenderal Liga Dunia Muslim Mohammed bin Abdulkarim Al-Issa.

“Menteri akan berdiskusi dengan mitranya dari Saudi mengenai perluasan Inisiatif Rute Makkah ke Karachi dan Lahore serta Islamabad untuk haji tahun depan,” kata Butt.

Arab Saudi memperkenalkan inisiatif ini di Pakistan dan empat negara lainnya untuk menyediakan layanan bea cukai dan imigrasi kepada jamaah di titik keberangkatan.

Menurut statistik resmi, lebih dari 26.000 jamaah asal Pakistan mendapat manfaat dari fasilitas di bandara Islamabad tahun ini.

Butt mengatakan menteri Pakistan telah bertemu dengan perwakilan perusahaan katering dan akomodasi untuk haji tahun depan, dan menambahkan bahwa dia menginstruksikan timnya untuk menyelesaikan perjanjian sesegera mungkin untuk mengamankan fasilitas penginapan bagi jamaah di lokasi-lokasi utama.

“Menteri Pakistan akan tiba di Jeddah besok di mana dia akan bertemu dengan perwakilan dari berbagai perusahaan Saudi dan pejabat Otoritas Umum Penerbangan Sipil sehubungan dengan haji,” tambahnya.


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus