10 Fakta Singkat Untuk Yang Tidak Tahu Banyak Tentang Ramadan

N Zaid - Ramadhan 15/03/2023
Ilustrasi. Foto Pixabay
Ilustrasi. Foto Pixabay

Oase.id - Ramadhan adalah bulan suci bagi muslim. Di bulan ini muslim berpuasa, tidak makan dan minum dari pagi hingga sore hari dengan waktu yang ditentukan. 

Bila Anda nonmuslim, dan belum tahu banyak tentang bulan Ramadan, berikut 10 hal yang dapat membantu anda lebih mengetahui sejumlah hal dasar seputar bulan suci umat Islam ini.

1. Selama Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia berpuasa setiap hari dari matahari terbit hingga terbenam. Anak kecil, wanita yang sedang hamil, menyusui atau sedang menstruasi, orang lanjut usia, dan orang dengan masalah kesehatan, boleh untuk tidak berpuasa.

2. Bagi banyak orang, Ramadan adalah waktu untuk merasa lebih dekat dengan Tuhan, berdoa, menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang, mendukung amal, dan mengingat mereka yang kurang beruntung saat berpuasa.

3. Pada akhir Ramadan, orang dewasa yang memiliki lebih banyak makanan daripada yang mereka butuhkan harus membayar zakat fitrah – kontribusi untuk orang yang membutuhkan.

4. Ramadan dimulai pada bulan ke-9 kalender lunar Islam, saat bulan sabit baru pertama kali terlihat.

5. Muslim menganggap puasa di bulan Ramadan sebagai bagian inti dari keyakinan agama Islam. Sebelum fajar, orang makan makanan yang disebut sahur. Makan senja disebut buka puasa.

6. Ramadhan sering menjadi urusan komunitas, dengan lebih banyak orang menghadiri masjid di malam hari dan berkumpul bersama teman dan keluarga untuk berbuka puasa.

7. Selama Ramadan, banyak kantor dan sekolah di negara mayoritas Muslim tutup lebih awal.

8. Selama 10 hari terakhir Ramadan, umat Islam merayakan Lailatul Qadar, malam paling suci dalam setahun. Itu memperingati malam ketika Alquran, Kitab Suci Muslim, pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad. Itu biasa dilakukan dengan 'itikaf', berdiam diri di masjid dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk beribadah.

9. Anda dapat mengungkapkan harapan baik untuk Ramadhan dengan mengatakan "Ramadan Kareem" ("Ramadan yang murah hati") atau "Ramadan Mubarak" (yang dapat diterjemahkan sebagai "Selamat Ramadhan)."

10. Setelah hari terakhir Ramadhan, pada hari raya Idul Fitri, sapaannya berubah menjadi “Idul Fitri”


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus