7 Camilan Cepat dan Sehat untuk Selepas Tarawih

Phooby Kamaratih - Ramadhan 2021 14/04/2021
Photo by Alexander Mils from Pexels
Photo by Alexander Mils from Pexels

Oase.id – Mencari makanan ringan selepas salat tarawih menjadi hal yang sering dilakukan saat bulan Ramadhan, Memilih makanan atau cemilan bergizi di malam hari merupakan salah satu cara agar tubuh tetap sehat selama berpuasa. Sayangnya, banyak makanan ringan yang cepat hanya memberikan sedikit nutrisi juga kalori dan gula yang berlebih.

Namun, banyak sekali alternatif yang bisa dijadikan menu cemilan sehat selama bulan Ramadhan. Seperti yang dilansir dari healthline.com :

1. Stik keju

Stik keju bisa menjadi camilan yang sempurna untuk malam hari, biasanya stik keju menyediakan 5-7 gram protein dalam satu porsi. Selain itu, camilan ini juga merupakan sumber kalsium dan juga mineral yang baik untuk tulang dan gigi.

2. Popcorn

Popcorn adalah makanan ringan bergizi rendah kalori yang merupakan sumber mineral fosfor, magnesium, dan zinc. Ini akan memberikan manfaat dalam pencernaan, fungsi kekebalan, produksi energi, dan kesehatan otak.  Untuk tambahan rasa, cobalah tambahkan popcorn dengan bumbu paprika atau peterseli.

3. Edamame panggang

Edamame adalah kedelai yang dipanen sebelum matang sepenuhnya. Edamame bisa direbus, dikukus, atau dipanggang untuk menciptakan cemilan yang lezat dan bergizi. Faktanya, edamame yang dimasak mengandung 8 gram serat dan 18 gram protein nabati ke dalam porsi 1 cangkir (155 gram) dan mengandung magnesium, zat besi, dan vitamin C.

4. Oatmeal

Walaupun oatmeal biasanya disantap saat sarapan, namun oat juga bisa dijadikan camilan yang mengenyangkan dan bergizi. Oat mengandung serat yang disebut beta-glukan yang mampu menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah juga tekanan darah. Tambahkan pada oatmeal taburan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah kering, beri, kayu manis, atau selai kacang.

5. Smoothie hijau

Smoothie hijau bisa menjadi cara cepat dan nyaman untuk memasukkan beberapa porsi ekstra sayuran ke dalam makanan sambil meningkatkan asupan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Meskipun smoothie hijau biasanya dibuat dengan sayuran berdaun hijau seperti kangkung atau bayam, buah, sayuran, dan bahan lainnya juga dapat ditambahkan. Misalnya, wortel, seledri, bit, beri, pisang, biji chia.

6. Yogurt dengan buah

Cemilan ini kaya akan protein, kalsium, vitamin B12, dan kalium, yogurt adalah pilihan camilan yang sangat baik. Menggabungkan yogurt dengan apel, beri, pisang, anggur, atau jenis buah favorit juga dapat membantu meningkatkan asupan serat, vitamin C, dan antioksidan penangkal penyakit. Carilah yogurt tanpa pemanis tambahan untuk meminimalkan asupan gula tambahan.

7. Kacang

Almond, kenari, kacang mete, menyediakan banyak nutrisi penting, termasuk lemak yang menyehatkan jantung dan banyak nutrisi lainnya seperti serat, protein, magnesium, zat besi, dan kalsium. Selain bernutrisi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa menambahkan kacang ke dalam makanan mampu mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes. Namun, perlu diingat bahwa kacang tinggi kalori jadi konsumsi kacang perlu dibatasi.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus