Manfaat Membaca Surah Yusuf

Octri Amelia Suryani - tafsir Surah Yusuf 09/07/2021
Gambar oleh Ali Burhan dari Pixabay
Gambar oleh Ali Burhan dari Pixabay

Oase.id - Surah Yusuf adalah surah kedua belas dalam Al-Quran. Surat yang terdiri dari 111 ayat ini termasuk golongan dari Surah Makiyyah. Sebab, diturunkan sebelum Nabi Muhammad ﷺ
hijrah.

Surah ini banyak bercerita tentang kehidupan Nabi Yusuf AS. Membacanya dan menyelami kisah Nabi Yusuf yang terkandung di dalamnya, umat Islam dapat mengambil banyak pelajaran penting. Sebagaimana Nabi Muhammad ﷺ dulu juga banyak mengambil banyak pelajaran dari Surah Yusuf ini.

Berikut ini oase.id memaparkan beberapa manfaat membacanya dalam sehari-hari:

1. Mengamalkan surah Yusuf ayat 64 akan dihindarkan dari kesukaran hidup.

قَالَ هَلْ اٰمَنُكُمْ عَلَيْهِ اِلَّا كَمَآ اَمِنْتُكُمْ عَلٰٓى اَخِيْهِ مِنْ قَبْلُۗ فَاللّٰهُ خَيْرٌ حٰفِظًا وَّهُوَ اَرْحَمُ الرّٰحِمِيْنَ

Artinya: Dia (Yakub) berkata, “Bagaimana aku akan mempercayakannya (Bunyamin) kepadamu, seperti aku telah mempercayakan saudaranya (Yusuf) kepada kamu dahulu?” Maka Allah adalah penjaga yang terbaik dan Dia Maha Penyayang di antara para penyayang. (Q.S Yusuf ayat 64)

2. Bagi orang tua yang membacakan surah Yusuf ayat 68 anak keturunannya akan dijadikan orang-orang yang saleh.

وَلَمَّا دَخَلُوْا مِنْ حَيْثُ اَمَرَهُمْ اَبُوْهُمْۗ مَا كَانَ يُغْنِيْ عَنْهُمْ مِّنَ اللّٰهِ مِنْ شَيْءٍ اِلَّا حَاجَةً فِيْ نَفْسِ يَعْقُوْبَ قَضٰىهَاۗ وَاِنَّهٗ لَذُوْ عِلْمٍ لِّمَا
عَلَّمْنٰهُ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ ࣖ

Artinya: Dan ketika mereka masuk sesuai dengan perintah ayah mereka, (masuknya mereka itu) tidak dapat menolak sedikit pun keputusan Allah, (tetapi itu) hanya suatu keinginan pada diri Yakub yang telah ditetapkannya. Dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan, karena Kami telah mengajarkan kepadanya. Tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. (Q.S Yusuf ayat 68)

3. Bagi yang mengamalkan Surah Yusuf ayat 4 akan dimudahkan perjuangannya untuk mendapatkan Jodoh.

Selain dimudahkan dalam hal jodoh, membaca ayat ini juga akan menambah rasa cinta antar-pasangan bila dibaca sebelum berjumpa dengannya.

اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ

Artinya: (Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku. (Q.S. Yusuf ayat 4)

Selain itu, ayat 4 dalam Surat Yusuf sangat bagus sekali manfaatnya jika dibaca setelah salat fardu. Adapun manfaatnya akan membuat wajah berseri, dan disegani oleh orang lain.

4. Jika rutin dalam mengamalkan Surah Yusuf setiap hari, maka Allah akan memberikan kekuatan agar tidak mudah dihasut.

Hal ini juga disebutkan dalam kitab Majmu’ul Bayan bahwa Rasul ﷺ bersabda: Ajarkan Surat Yusuf kepada budak dan keluargamu. 

Seseorang yang membaca dan mengajarkannya akan Allah berikan kemudahan saat sakaratul mautnya, serta Allah akan memberikan kekuatan agar tidak mudah dihasut.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus