Pada 1996, Kakbah Ternyata Pernah Rusak

N Zaid - Kabah 01/09/2023
Foto: Islamicinformation
Foto: Islamicinformation

Oase.id - Pada tahun 1996, bangunan Kakbah Suci mengalami kerusakan dan rapuh akibat keausan. Saat itulah Raja Fahd dari Arab Saudi memerintahkan restorasi.

Kakbah tingginya 50 kaki dan lebarnya 35 kaki. Bangunan Kakbah menjadi rapuh karena kerusakan alami yang dapat terjadi pada bangunan mana pun. Dinding Kakbah terlihat retak dan fondasinya melemah. Bangunan itu membutuhkan restorasi yang telah lama ditunggu-tunggu untuk memastikannya bertahan lama.

Proses
Pada tahun 1996, Raja Fahad dari Arab Saudi akhirnya memerintahkan restorasi Kakbah Suci. Proses perbaikan retakan pada dinding Kakbah dimulai, dan tugas ini diserahkan kepada ahlinya. Seluruh proses memastikan bahwa bangunan asli Kakbah tetap utuh.

Peron putih
Saat tim ahli memulai proses, sebuah platform putih dibangun untuk melindungi Kakbah dari luar. Platform tersebut dirancang untuk menjamin keamanan kesucian Kakbah dan benda-benda di dalamnya. Platform ini memungkinkan para ahli menjaga aliran pasokan peralatan tetap mudah dan lancar.

Peristiwa ini memegang nilai tertinggi dalam sejarah umat Islam. Pekerjaan restorasi memastikan bahwa Kakbah tetap aman dan terlindungi bagi jutaan umat Islam yang mengunjunginya sepanjang tahun untuk menunaikan ibadah haji.(theislamicinformation)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus