3 Resep Olahan Wortel Enak dan Sehat, Cocok untuk Akhir Pekan

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 19/03/2021
Gambar oleh Couleur dari Pixabay
Gambar oleh Couleur dari Pixabay

Oase.id -  Wortel kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Sayuran berwarna orange ini juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

Antioksidan yang terkandung dalam wortel mampu membantu tubuh menghilangkan radikal bebas, akibat molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel pada tubuh.

Dilansir dari food.ndtv.com, berikut beberapa resep sehat olahan wortel:

1. Minuman Detoks Jeruk dan Wortel

Minuman berbahan dasar wortel mungkin bisa menjadi salah satu minuman tersehat untuk memulai hari. Ini ringan, bergizi dan dapat mengisi energi untuk terus berjalan sepanjang hari. Cara membuatnya cukup mudah cukup siapkan bahan berikut ini :

-  2 wortel
-  2 jeruk
-  2 sdt jahe
-  1 sdt kunyit
-  1 sdt air lemon
-  200 ml air

Proses pembuatannya

Bersihkan wortel dan jeruk hingga bersih dan buang kulitnya. Siapkan blender untuk menghaluskan wortel dan jeruk, jangan lupa siapkan 200 ml air yang akan dicampurkan ke wortel saat diblender. Setelah wortel dan jeruk sudah tercampur, tambahkan jahe dan kunyit lalu aduk hingga merata. Setelah tercampur, pindahkan ke gelas baru lalu tambahkan air lemon dan minuman detoks siap dinikmati.

2. Sup jahe wortel

Sup yang kaya kandungan nutrisi akan menjaga tubuh tetap hangat dikala hujan. Berikut cara memasak sup ini:

- 6-8 wortel besar
- 1/4 cangkir minyak zaitun
- Sedikit garam
- 6 cangkir kaldu sayuran
- Jahe 1 ruas,
- 1/2 bawang bombay ukuran besar
- Cincang 2 siung bawang putih besar,
- Lada hitam

Proses penyajiannya

Kupas dan potong wortel menjadi bulatan 1/2 inch. Aduk wortel dengan 2 sendok makan minyak zaitun dan taburi dengan garam. Panggang wortel sampai berwarna coklat dan lunak, balik wortel dengan spatula setiap 5 menit atau lebih; ini akan memakan waktu 15 hingga 20 menit.

Sementara itu, didihkan kaldu, tambahkan jahe dan didihkan perlahan selama 15 menit. Masukkan bawang bombay ke dalam panci kaldu. Sebelumnya, tumis terlebih dahulu bawang bombay dengan sisa minyak zaitun. Lalu campurkan bawang putih dan wortel ke dalam kaldu. Angkat jahe dari kaldu jika wortel sudah cukup lunak untuk dihaluskan. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Setelah sudah matang secara menyeluruh sup jahe wortel siap untuk dihidangkan.

3. Keripik wortel

Selain diolah menjadi jus dan sup, wortel juga bisa diolah menjadi keripik. Meski tidak se-sehat jus atau sup, keripik wortel juga tetap baik untuk dikonsumsi. Keripik wortel bisa dikonsumsi sebagai cemilan di sore hari atau ketika menunggu waktu makan:

- 300 gram tepung
- 1 sdt bubuk jamur
- 125 gram mentega
- 1 sdm biji jintan
- 100 gr wortel parut halus
- 75 gram keju parut
- 2 kuning telur
- 3 sdm air

Cara Penyajiannya :

Ayak tepung dan bubuk jamur ke dalam mangkuk, masukkan jintan, wortel, keju, air dan kuning telur. Uleni adonan hingga halus. Dinginkan selama 30 menit. Giling di atas permukaan yang telah ditaburi tepung sampai ketebalan 1/8 inchi lalu cetak dengan cetakan bulat. Panggang selama 10-12 menit pada suhu 180 derajat C sampai berwarna keemasan. Dinginkan sebentar sebelum dikeluarkan dari baki dan disajikan.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus