4 Surah yang Dianjurkan Dibaca Ibu Hamil

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Oase.id - Memiliki anak adalah suatu hal terindah bagi pasangan suami istri. Terlebih lagi memiliki anak yang sehat, cerdas, dan saleh/salehah tentunya akan menjadi sumber kebanggaan tersendiri bagi orang tua.

Karena setiap orang tua akan berusaha untuk mendidik anaknya menjadi apa yang mereka harapkan. Serta hal ini dapat dimulai sejak anak masih berada dalam kandungan.

Salah satu cara yang sering dilakukan oleh ibu hamil antara lain sering mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran kepada calon bayi. Serta ibu hamil juga sering berikhtiar untuk membacakan ayat suci Al-Quran untuk merangsang bayi yang ada dalam rahimnya.

Ada beberapa surah disarankan untuk sering dibaca oleh ibu yang sedang mengandung. Berikut surah-surah tersebut:

1. Surah Yusuf
Surah Yusuf yang memiliki 111 ayat ini menjadi incaran banyak ibu hamil. Harapannya calon anak memiliki rupa setampan Nabi Yusuf dan perilaku yang saleh. Seperti dalam banyak Riwayat, Nabi Yusuf dikenal sebagai Nabi yang rupawan dan mulia dan banyak dikagumi. Sehingga dengan membaca surah Yusuf saat hamil dipercaya membuat bayi yang dikandung bisa serupawan dan memiliki akhlak mulia layaknya Nabi Yusuf.

Berdasarkan kisah Nabi Yusuf dan relevansinya dalam kehidupan antara lain memiliki sikap terbuka, seperti Nabi Yusuf kepada ayahnya Nabi Ya`qub tentang apa yang beliau alami. Sikap terbuka yang dimiliki Nabi Yusuf sangat indah ketika itu terjalin dalam hubungan keluarga.

2. Surah Al-Fatihah
Al-Fatihah yang dikenal juga dengan sebutan Ummul Qur’an termasuk salah satu surah paling mulia. Membaca Al-Fatihah merupakan syarat syahnya salat. Surah Al-Fatihah diyakini bisa menenangkan hati dan menguatkan daya ingatan. Karenanya, surah ini dianjurkan untuk sering dibaca oleh ibu yang sedang hamil. Agar kelak anak yang dikandungnya memiliki ketenangan hati dan daya ingat yang kuat.

3. Surah Al-Baqarah
Surah Al-Baqarah memiliki 286 ayat. Surah ini juga termasuk dalam surah terpanjang dalam Al-Quran. Banyak sekali ayat-ayat mulia yang berisi pelajaran berharga. Salah satunya terdapat pada ayat 128 yang banyak dianjurkan untuk ibu hamil. Ayat 128 ini merupakan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim as ketika bersama Ismail, putranya. Yang berbunyi:

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَآ اُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَۖ وَاَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۚ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Artinya: Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami, dan terimalah tobat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.

4. Surah Maryam
Surah Maryam merupakan surat ke-19. Surah yang terdiri dari 89 ayat ini sering dibaca oleh ibu yang sedang hamil. Surah Maryam yang bercerita mengenai perjuangan Siti Maryam saat melahirkan Nabi Isa AS, sejak dari proses persalinannya hingga doa-doa yang dipanjatkan.

Surah ini salah satunya diyakini merupakan salah satu doa bagi ibu hamil agar dimudahkan dalam proses persalinan. Selain itu, Surah Maryam juga terdapat doa agar kelak anak bisa berbakti kepada orang tuanya.

Demikian beberapa surah yang dianjurkan dibaca saat ibu hamil. Semoga Allah memberikan keturunan yang saleh dan salehah. Berbakti kepada orang tua, agama, dan negara. Amin YRA...


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus