Gerakan Sholat Mengurangi Sakit Punggung

N Zaid - Salat 12/12/2023
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Umat ​​Muslim diwajibkan untuk shalat lima waktu. Aktivitas ini memberi kesempatan untuk sementara waktu terputus dari dunia ini untuk terhubung kembali dengan Pencipta mereka.

“Dan apabila kamu telah selesai shalat, ingatlah Allah ketika berdiri, duduk, atau [berbaring] miring. Namun ketika Anda sudah merasa aman, tegakkan kembali shalat [yang teratur]. Sesungguhnya shalat telah diwajibkan atas orang-orang mukmin dengan waktu-waktu tertentu” (QS 4:103).

Selain bermakna ibadah, salat juga dapat bermanfaat dalam berbagai cara.

Secara psikologis, hal ini memberikan jeda dari rutinitas sehari-hari dan kebebasan sesaat dari tekanan mental yang menyertai beban hidup sehari-hari, memungkinkan penyelarasan kembali prioritas secara berkala sepanjang hari.

Secara spiritual, doa memberikan kesempatan untuk terhubung kembali dengan Allah dan mengingat hal yang paling penting.

Gerakan Sholat Mengurangi Sakit Punggung
Penelitian di Binghamton University di AS kini menunjukkan bahwa berdoa dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik.

Gerakan Sholat Mengurangi Sakit Punggung
Para peneliti mengatakan bahwa gerakan fisik yang dilakukan saat salat, jika dilakukan secara teratur dan sesuai anjuran, dapat mengurangi nyeri punggung bagian bawah dengan cara yang mirip dengan intervensi terapeutik umum lainnya.

Selain gerakan fisiknya, doa juga dapat memicu keadaan relaksasi saat seseorang terhubung dengan Allah.

Efek relaksasi pada tubuh ini dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung, yang pada akhirnya membantu otot untuk rileks.

Gerakan Sholat Mengurangi Sakit Punggung
‘Orang-orang yang beriman dan hatinya tenteram dengan mengingat Allah. Tidak diragukan lagi, dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.’ (Qur’an, 13:28).

Para peneliti menemukan bahwa tekanan paling besar pada punggung bagian bawah terjadi selama gerakan 'membungkuk' yang dikenal sebagai ruku`. Namun jika penderita nyeri punggung bagian bawah memposisikan lutut dan punggungnya dengan benar, nyeri tersebut dapat dikurangi secara signifikan dengan melakukan gerakan.

Gerakan Sholat Mengurangi Sakit Punggung, Khasiat Sholat Jasmani

Studi tersebut menyoroti manfaat fisik dari setiap postur saat salat.

Berdiri: Berat badan didistribusikan secara merata.
Ruku`: Meregangkan otot punggung bawah, paha, betis, dan leher secara menyeluruh. Darah mengalir ke bagian atas tubuh.

Bangkit dari ruku`: Ketegangan dilepaskan pada otot saat otot rileks.

Sujud: Meningkatkan elastisitas sendi. Selain itu, peningkatan aliran darah ke kepala saat diturunkan di bawah ketinggian jantung dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Ini juga memiliki efek positif pada fungsi otak seperti memori dan konsentrasi.

Sujud berulang: Menyeimbangkan dan membersihkan berbagai sistem tubuh termasuk sistem pernapasan, peredaran darah, dan saraf dengan meningkatkan dan mendorong kelanjutan aliran darah dan oksigenasi ke seluruh tubuh. Ini juga membantu pencernaan dengan mendorong pergerakan isi ke saluran pencernaan.

Dengan banyaknya manfaat fisik dari setiap posisi, tidak mengherankan jika mereka yang rutin shalat cenderung tidak mengalami gangguan kesehatan, khususnya pada tulang belakang dan persendian.(aboutislam)​


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus