Doa Agar Keluarga Diberi Kesehatan dan Keselamatan

Octri Amelia Suryani - Doa Sehari-hari 10/07/2021
Gambar oleh Hamza Sefa Yılmaz dari Pixabay
Gambar oleh Hamza Sefa Yılmaz dari Pixabay

Oase.id - Kesehatan merupakan salah satu kenikmatan yang tiada bandingnya. Apabila diambil nikmat sehat, maka tidak akan bisa mencapai apa pun yang ingin diraih semasa di dunia. Untuk itulah, Islam senantiasa mengajarkan tentang amalan-amalan yang hendaknya menjadi doa.

Berdoa adalah amalan utama bagi umat Islam. Saking utamanya, dalam setiap gerakan salat juga diselipkan bacaan doa. Allah selalu mendengarkan doa yang dipanjatkan semua hamba-Nya. Dalam Surat Al-Mu’min ayat 60, Allah berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: "Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Terdapat beberapa doa yang bagus untuk diamalkan agar kesehatan dan keselamatan selalu menghampiri. Karena hanya Allah yang mampu memberi kesehatan dan keselamatan kepada umat-Nya.

Berikut beberapa doa yang bisa diamalkan untuk memohon kesehatan dan keselamatan keluarga:

Doa Selamat Dunia Akhirat
Doa yang pertama adalah memohon keselamatan kepada Allah. Doa ini bisa diniatkan tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk keluarga. Dalam buku Al-Ma'tsurat dan Doa-doa Pilihan, berikut adalah bacaan doa selamat:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ“

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut... Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

Doa Sapu Jagat
Doa sapu jagat dipanjatkan untuk memohon kebaikan dan keselamatan di akhirat dari azab api neraka. Dengan mengamalkan doa ini, harapannya keluarga bisa selamat dari neraka di akhirat kelak.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Wahai Pemelihara kami, berikanlah kepada kami di dunia ini akan kebaikan dan begitu pula di akhirat akan kebaikan. Dan lindungilah kami dari adzab neraka.”

Doa Memohon Kesehatan dan Perlindungan

اللَّهُمَّ إنَّا نَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالعَافِيَةَ وَالْمُئَافَدَةِدَائِمَةً فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَالْفَوْزُبِالْجَنَّةِ وَالنَّجَاتِ مِنَ النَّارِ

Artinya: "Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan di akhirat, kemenangan masuk surga serta keselamatan dari api neraka."

Doa Terbebas dari Masalah dalam Keluarga

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku."

Demikian doa-doa kesehatan dan keselamatan keluarga, semoga Allah selalu melimpahkan nikmat sehat dan selamat bagi kita semua. Amin YRA..


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus