Baca Dzikir Ini Saat Jalan Menanjak dan Menurun

N Zaid - Trik Perjalanan 15/10/2024
ilustrasi. Foto: Pixabay
ilustrasi. Foto: Pixabay

Oase.id - Perjalanan dalam Islam bukan hanya soal menuju tempat tujuan, tetapi juga bagian dari ibadah jika dilakukan dengan niat yang baik. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan umatnya untuk selalu mengingat Allah dalam setiap situasi, termasuk ketika sedang melakukan perjalanan. Dalam konteks ini, terdapat beberapa doa khusus yang dianjurkan ketika melalui jalan yang menanjak maupun menurun.

Berikut ini hadits dan penjelasan terkait doa-doa tersebut.

Doa Saat Jalan Menanjak
Ketika seseorang berjalan atau menaiki tempat yang tinggi, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan untuk mengucapkan "Allahu Akbar" (Allah Maha Besar).

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
"Apabila kalian mendaki jalan yang menanjak, maka ucapkanlah 'Allahu Akbar'."(HR. Abu Dawud, Ahmad)

Mengucap "Allahu Akbar" mengingatkan bahwa tidak ada sesuatu yang lebih besar dan lebih agung daripada Allah, termasuk kesulitan atau tantangan seperti tanjakan.

Perjalanan menanjak bisa melelahkan, dan kalimat takbir adalah wujud pengakuan akan kekuasaan Allah yang membantu melewati kesulitan.

Doa Saat Jalan Menurun
Sebaliknya, ketika seseorang berjalan melalui jalan yang menurun, Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan untuk mengucapkan "Subhanallah" (Maha Suci Allah).

"Apabila kalian melalui jalan menurun, maka ucapkanlah 'Subhanallah'." (HR. Abu Dawud, Ahmad)

Menuruni jalan atau melewati situasi mudah mengingatkan manusia untuk tetap bersyukur dan tidak merasa sombong.

Mengucap "Subhanallah" juga mengingatkan bahwa setiap keberhasilan dan kemudahan datang atas izin Allah.

Hadits-hadits mengenai doa saat jalan menanjak dan menurun menunjukkan betapa Islam memperhatikan setiap aspek kehidupan, termasuk perjalanan. Dengan selalu mengingat Allah melalui takbir dan tasbih, seorang Muslim akan mendapatkan ketenangan hati dan kekuatan dalam menjalani setiap fase perjalanan hidupnya.

Semoga kita senantiasa mengamalkan doa-doa ini dalam setiap perjalanan dan diberi keberkahan serta perlindungan oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Aamiin.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus