5 Cara Mengurangi Kecemasan Sehari-hari, Bisa Dicoba di Rumah

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 07/01/2022
 Photo by Suzy Hazelwood from Pexels
Photo by Suzy Hazelwood from Pexels

Oase.id - Saat ini, permasalahan kesehatan mental semakin ramai diperbincangkan dan kata “Anxiety" atau Kecemasan yang paling sering muncul dan dibicarakan, terutama pada remaja. Kecemasan merupakan salah satu bagian dalam kehidupan, dan tidak semua hal yang bersangkutan dengan kecemasan adalah buruk.

Kecemasan dapat dianggap buruk jika terdapat pengulangan setiap hari, tidak terkendali dan mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Sebelum membahas tentang cara mengurangi kecemasan, mari kita mengetahui apa arti dari kecemasan tersebut.

Dilansir dari healthline.com, kecemasan merupakan respons alami tubuh terhadap stress dan merupakan perasaan takut atau khawatir yang disebabkan banyak faktor, baik genetika hingga lingkungan. Kecemasan memiliki beberapa gejala umum, antara lain :

  1. Peningkatan denyut jantung
  2. Pernapasan cepat
  3. Kegelisahan
  4. Kesulitan berkonsentrasi

Namun, perlu diketahui kecemasan sehari-hari dengan gangguan kecemasan merupakan hal yang berbeda.

Jika kecemasan sudah mengganggu kehidupan sehari-hari, maka untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan melakukan terapi perilaku kognitif (CBT) dengan konselor/psikolog. Dan jika kecemasan tidak mengganggu kehidupan sehari-hari, maka kecemasan bisa dikurangi dengan cara-cara berikut ini:

1. Tetap aktif

Dengan berolahraga teratur mampu membantu tubuh lebih sehat secara mental. Menurut American Psychological Association (APA), olahraga teratur mengarah pada peningkatan konsentrasi dan kemauan, yang dapat membantu gejala kecemasan tertentu.

2. Berhenti merokok dan membatasi asupan kafein

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rokok mampu meningkatkan atau memperburuk kecemasan di kemudian hari. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika serikat merekomendasikan untuk menemukan pengganti rokok yang aman, seperti tusuk gigi. Selain rokok, kafein juga dapat mengganggu kesehatan mental seperti kecemasan dan serangan panik.

3. Prioritaskan istirahat malam yang baik

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan para orang dewasa untuk tidur sebanyak 7 hingga 9 jam setiap hari. Agar tidur menjadi baik, bisa dengan melakukan hal berikut:

  1. Hanya tidur di malam hari ketika lelah
  2. Tidak membaca atau menonton televisi di tempat tidur
  3. Tidak menggunakan ponsel, tablet, atau komputer di tempat tidur
  4. Tidak berguling-guling di tempat tidur atau pergi ke kamar lain jika tidak bisa tidur
  5. Menghindari kafein, makan besar, dan nikotin sebelum tidur
  6. Menjaga kamar tetap gelap dan sejuk
  7. Tuliskan kekhawatiranmu sebelum tidur
  8. Tidur pada waktu yang sama setiap malam

4. Meditasi

Kegiatan meditasi bertujuan untuk memeroleh kesadaran penuh yang mencakup memperhatikan semua pikiran dengan cara yang tidak menghakimi. Hal ini mampu memeroleh ketenangan dengan meningkatkan kemampuan menoleransi semua pikiran dan perasaan dengan penuh perhatian.

Penelitian dari John Hopkins menunjukkan, melakukan meditasi 30 menit setiap hari dapat mengurangi beberapa gejala kecemasan dan bertindak sebagai antidepresan.

5. Aromaterapi

Aromaterapi telah digunakan selama ribuan tahun yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan pikiran, tubuh, dan jiwa. Aromaterapi biasa menggunakan minyak esensial yang terbuat dari ekstrak tumbuhan alami dapat dihirup langsung atau ditambahkan ke bak mandi air hangat atau diffuser. Aromaterapi dapat digunakan untuk :

  1. Bersantai
  2. Bantu tidur
  3. Meningkatkan suasana hati
  4. Mengurangi detak jantung dan tekanan darah

Selain itu, beberapa minyak esensial ini dipercaya mampu meredakan kecemasan:

  1. Bergamot
  2. Lavender
  3. Clary bijak
  4. Jeruk bali
  5. Kenanga


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus