Doa Agar Diberikan Kelancaran dan Kemudahan dalam Bekerja

Octri Amelia Suryani - Doa Sehari-hari Doa sebelum Bekerja 30/07/2022
Ilustrasi seseorang sedang Bekerja (Foto: StartupStockPhotos dari Pixabay)
Ilustrasi seseorang sedang Bekerja (Foto: StartupStockPhotos dari Pixabay)

Oase.id - Dalam Islam, sebelum melakukan kegiatan apa pun dianjurkan untuk terlebih dahulu membaca doa. Rasulullah ﷺ menganjurkan umatnya untuk selalu berdoa ketika melakukan segala kegiatan agar diberkahi oleh Allah Swt. Minimal dengan melafalkan basmalah.

Begitu juga sebelum bekerja, dianjurkan untuk memanjatkan doa. Dengan berdoa harapannya pekerjaan berjalan lancar dan diberi kemudahan oleh Allah Swt. Apalagi tak jarang ada kendala yang ditemui saat bekerja.

Maka dari itu, doa dilancarkan pekerjaan bisa menjadi permohonan agar dapat melewati segala kendala pekerjaan yang ada. Dengan berdoa pula, pekerjaan yang berat dapat terlewati dengan mudah.

Mengutip dari buku karya Mohammad Irsyad berjudul Intisari Doa dan Zikir yang Paling Dibutuhkan, berikut bacaan doa agar diberikan kemudahan dalam bekerja:

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah."

Selain itu, ada juga doa yang dapat dipanjatkan sebelum memulai pekerjaan. Bacaannya adalah:

َّأَللَّهٌمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مٌبَارَكًا، اَللَّهُمَّ إِنَّكَ أَمَرْتَ بِالدُّعَاءِ وَقَضَيْتَ عَلَىَّ نَفْسَكَ بِالْاِسْتِجَابَةِ وَأَنْتَ لَا تٌخْلِفٌ وَعْدَكَ وَلَا تٌكَذِّبُ عَهْدَكَ اَللَّهُم مَا أَحْبَبْتَ مِنْ خَيْرٍ فَحَبِّبْهٌ إِلَيْنَا وَيَسِّرْهُ لَنَا وَمَا كَرَهْتَ مِنْ شَئْ ٍفَكَرِهْهُ إِلَيْنَا وَجَنِّبْنَاهُ وَلَا تُنْزِعْ عَنَّا الْإِسْلَامَ بَعْدَ إِذْ أَعْطَيْتَنَا

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaanmu dan pemberianmu, rizki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang engkau sukai, kecuali Engkau jadikanlah kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkanlah kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan."


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus