Baca Doa Ini Saat Keluar Rumah dan Rasakan Manfaatnya

Octri Amelia Suryani - Doa Sehari-hari Doa Keluar rumah 12/12/2022
Ilustrasi: Pixabay_hashimpht)
Ilustrasi: Pixabay_hashimpht)

Oase.id - Rumah memang tempat yang nyaman bagi setiap orang. Tetapi berkegiatan di luar rumah juga tidak kalah pentingnya. Sebagai umat muslim yang mempercayai kekuatan doa, maka ada doa yang hendaknya kita ucapkan ketika hendak keluar rumah.

Bukan hanya itu, doa ini juga memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi yang membacanya. Lantas bagaimana doa keluar rumah dan apa saja manfaatnya?

Ada dua doa keluar rumah yang bisa diamalkan, pertama, doa keluar rumah agar dijaga malaikat:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Latin: Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya: Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.

Kedua, doa keluar rumah agar terhindar dari orang jahat:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Latin: Allahumma inni a’uzubika an adhilla aw udholla aw azilla aw uzalla aw udzlima aw udzlama aw ajhal aw ujhala ‘alayya.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendzalimi, atau aku didzalimi, atau kebodohanku atau aku dibodohi.

Berikut 5 manfaat mengamalkan doa keluar rumah:

1. Mendapatkan Petunjuk dari Allah

Manfaat pertama yang didapat jika membaca doa keluar rumah adalah mendapatkan petunjuk dari Allah tentunya. Inilah yang akan mempermudah urusan kita di luar rumah. Hal ini karena setiap langkah akan diiringi oleh lindungan dan petunjuk dari Allah. Karena wujud dari doa seseorang adalah memohon perlindungan kepada Allah Swt.

2. Terlindungi dari Setan

Setelah semuanya diserahkan kepada Allah dan setiap langkah akan dituntun dan dilindungi oleh-Nya, maka gangguan setan pun tidak akan berani mendekat. Sebab, doa tersebut akan membentengi diri seseorang.

3. Allah akan Memberikan Perlindungan

Manfaat doa keluar rumah selanjutnya mendapat perlindungan dari Allah Swt. Selamat dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika berada di luar rumah, seperti selamat dari kecelakaan atau ditipu orang.

4. Dijaga Malaikat

Selain mendapat perlindungan dari Allah Swt, malaikat juga ikut menjaga seseorang yang mengamalkan doa keluar rumah. Hal ini sebagaimana disampaikan Rasulullah ﷺ dalam hadis yang diriwayatkan Imam Abu Daud dan Tirmidzi.

Dikisahkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda: “Apabila seseorang keluar dari rumahnya, kemudian dia membaca doa, 'Bismillahi tawakkaltu 'alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah', maka disampaikan kepadanya, 'Kamu diberi petunjuk, dicukupkan kebutuhanmu, dan kamu dilindungi.'

Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, 'Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi?”

5. Diberikan Kecukupan

Terakhir, manfaatnya adalah diberi kecukupan rezeki oleh Allah Swt. Baik di dunia maupun di akhirat.

Itulah bacaan doa keluar rumah dan manfaat yang dapat dirasakan bagi seseorang yang mengamalkannya. Serta tidak lupa pula memperbanyak zikir untuk menambah pahala dan melindungi diri dari godaan setan dan apa pun yang akan menimpa.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus