Waktu Terbaik Mengonsumsi Kurma dan Manfaatnya

Phooby Kamaratih - Kesehatan 16/02/2021
Gambar oleh Engin Akyurt dari Pixabay
Gambar oleh Engin Akyurt dari Pixabay

Oase.id – Kurma biasanya hadiri untuk melengkapi suasana bulan Ramadan. Buah yang mengandung banyak serat dan gula ini mampu memberikan manfaat yang berlimpah untuk tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa mengonsumsi kurma memiliki waktu terbaik, agar kita memperoleh manfaat yang lebih banyak.

Berikut 4 waktu yang terbaik untuk mengonsumsi kurma:

1. Sarapan

Mengonsumsi kurma di pagi hari menjadi cara terbaik untuk menambahkan rasa manis dan serat alami. Dengan cara ini tubuh akan mendapatkan asupan serat yang tinggi agar tubuh merasa kenyang lebih lama.

2. Cemilan sore hari

Kaya akan serat dan gula alami memungkinkan saat mengonsumsi kurma sebagai cemilan di sore hari, akan membuat tubuh merasa lebih berenergi. Cara ini bisa juga untuk menunda rasa lapar untuk yang sedang melakukan diet.

3. Saat lapar

Jika merasa lapar dan belum siap untuk makan dengan porsi lengkap, mengonsumsi kurma bisa menjadi solusinya. Kandungan serat yang tinggi mampu membuat tubuh merasa kenyang. Konsumsilah kurma dengan campuran selai kacang agar memberikan protein terbaik.

4. Sebelum berolahraga

Walaupun kurma mengandung gula yang tinggi, namun tidak akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Mengonsumsi kurma sebelum olahraga akan memberikan aliran energi yang stabil selama berolahraga. Konsumsilah 2-4 buah kurma sekitar 30 – 60 menit sebelum berolahraga.


(ACF)
TAGs: Kesehatan
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus