15 Ungkapan Belasungkawa Islami yang Menenangkan Hati 

Octri Amelia Suryani - Ungkapan duka cita meninggal dunia 02/08/2021
Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay
Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Oase.id - Kematian adalah takdir. Namun, sering kali menyisakan luka di hati bagi yang ditinggalkan. Apalagi pada situasi saat ini  dimana kita tengah diuji dengan merebaknya wabah virus Covid-19.

Hampir setiap hari kita mendengar kabar kematian yang disiarkan di masjid, musala atau via WA grup. Baik dari orang yang dikenal, atau pun tidak kita kenal.

Dengan rasa terkejut dan khawatir, terkadang bingung harus berbicara apa kepada keluarga yang ditinggalkan. Ucapan seperti apa yang pantas dilontarkan agar orang yang ditinggal tidak bertambah sedih ataupun tersinggung?

Sebisa mungkin ucapan duka cita yang menyentuh hati dapat diberikan kepada mereka yang ditinggalkan. Agar kepergian orang yang mereka sayangi tidak membuatnya lemah. Ucapan belasungkawa dapat berisi doa-doa dan harapan baik agar menjadi pelipur lara bagi mereka yang tengah kehilangan.

Ucapan duka cita yang menyentuh hati juga dapat menenangkan perasaan kalut dan mengingatkan kita semua akan kembali kepada Sang Pencipta.

Ada beberapa ucapan belasungkawa yang baik untuk diucapkan. Berikut Oase.id merangkum 15 ucapan duka yang pantas untuk disampaikan dan bermakna menyentuh:

  1. "Inna lillahi wa inna ilahi roji'un. Saya turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Percayalah pasti Allah akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak."
  2. "Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un. Kini yang bisa kita lakukan sekarang adalah mendoakan dia yang telah pergi meninggalkan kita selamanya."
  3. "Saya turut bersedih dan berduka cita sedalam-dalamnya, saya hanya bisa memanjatkan doa terbaik untuk almarhum/almarhumah di sana."
  4. "Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Semoga almarhum/almarhumah diterima di sisi Allah Swt, diterima semua amal baiknya, dan diampuni segala dosanya. Aamiin."
  5. "Inna lillahi wainna ilaihi roji'un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga amal dan ibadah almarhum/almarhumah diterima di sisi Allah Swt dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan."
  6. "Kehilangan memang tidaklah mudah. Namun, ingatlah tidak ada cobaan yang diberikan Tuhan melampaui kemampuan hamba-Nya."
  7. "Kesedihan yang kita rasakan merupakan sebuah tanda, jika kita sangat mencintainya. Sekarang ia sudah tenang di alam sana, tak perlu risau karena Allah Swt selalu menjaganya."
  8. "Semua rasa sakit yang ia alami selama ini sudah berakhir, Allah lebih menyayanginya daripada kita semua di sini. Selamat jalan, semoga engkau sudah tenang di surga sana."
  9. "Semua ini adalah rencana baik dari Allah. Kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang."
  10. "Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya. Maka bersabarlah atas kejadian yang menimpamu. Percayalah pasti ada hikmah di balik semua ini."
  11. "Ya Allah, ampunilah ia dan berilah rahmat kepadanya. Maafkanlah ia dan tempatkanlah di tempat terbaik. Lapangkan kuburnya dan bersihkanlah ia dari segala kesalahan yang ia perbuat."
  12. "Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil segala sesuatu yang telah ia titipkan kepada hamba-Nya. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum. Doakan agar dapat dipertemukan kembali di surga-Nya kelak. Aamiin."
  13. "Saya turut berduka cita atas kepergiannya, semoga ia diberikan tempat terbaik di sisi Allah. Mudah-mudahan engkau dan keluarga yang kini telah ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima musibah ini. Innallaha ma'ashobirin, percayalah sesungguhnya Allah selalu bersama dengan orang-orang yang sabar dan bertakwa."
  14. "Segala makhluk yang bernyawa akan Allah tetapkan batas waktunya, maka bersabarlah atas segala kejadian yang kini menimpamu. Yakinilah pasti Allah telah menyelipkan hikmah di balik rasa sedih dan duka. Turut serta berduka cita atas meninggalnya (sebutkan namanya), mudah-mudahan keluarga yang telah ditinggalkan diberi ketabahan."
  15. "Ya Allah, hamba mohon ampunilah almarhum, angkatlah derajatnya bersama dengan orang-orang yang memberi petunjuk. Ampunilah dosa-dosa kami dan juga dia wahai Tuhan kami pemilik pengampunan. Lapangkanlah kuburnya dan berikan penerangan di dalam kuburnya. Aamiin."

Itulah ucapan belasungkawa untuk memotivasi mereka yang ditinggalkan. Harapannya mereka dapat bangkit kembali menjalani hidup, dan yang telah pergi mendahului kita mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus