5 Fakta Unik Maladewa, Negara Berpenduduk 100% Muslim

Octri Amelia Suryani - Maladewa Negara Muslim Fakta Unik 01/09/2022
Maladewa, negara dengan penduduk 100 persen muslim (Foto: Fonthip Ward dari Pixabay)
Maladewa, negara dengan penduduk 100 persen muslim (Foto: Fonthip Ward dari Pixabay)

Oase.id - Sulit untuk dipungkiri bahwa agama selalu menjadi topik yang penting dalam setiap perbincangan. Salah satunya agama Islam yang merupakan agama dengan penganut terbesar di dunia.

Penganut agama Islam tersebar di berbagai negara dengan persentase yang berbeda-beda. Sebagaimana yang dikutip dari Sragen Update, negara yang dihuni oleh umat muslim 100 persen adalah Maldives atau Maladewa

Nama resmi dari negara Maldives ini adalah Republik Maladewa dengan ibukotanya adalah Male. Negara ini terletak di Samudera Hindia,  sebelah selatan barat daya India serta barat daya Sri Lanka.

Selain memiliki penduduk muslim 100 persen, ada beberapa fakta unik tentang negara Maladewa yang dikutip dari beberapa sumber, antara lain:

1. Negara terkecil di Asia

Maladewa memiliki jumlah penduduk berkisar 515.696 orang dengan luas wilayah hanya sebesar 297,8 km2 atau kurang dari setengah luas wilayah DKI Jakarta (661,2 km2). Inilah sebabnya Maladewa dikenal sebagai negara terkecil di Asia dari segi populasi dan luas wilayah.

2. Sistem pemerintahan Presidensial

Sistem pemerintahan negara Maladewa memiliki kemiripan dengan sistem pemerintahan di Indonesia. Yaitu, presiden dipilih melalui pemungutan suara dengan masa jabatan 5 tahun. 

3. Negara muslim terkecil di dunia dan berpenduduk 100 persen muslim

Selain sebagai negara terkecil di Asia, Maladewa juga dinobatkan sebagai negara muslim terkecil di dunia dengan muslim 100 persen. Dan Islam adalah agama wajib bagi negara tersebut.

Oleh karenanya, ketika wisatawan berkunjung akan banyak sekali larangan yang ditetapkan oleh pemerintah Maladewa, seperti alkohol, daging babi, majalah pornografi, dan segala hal yang bertentangan dengan ajaran Islam. Negara ini juga memisahkan tempat wisata antara penduduk lokal dengan wisatawan. 

4. Negara paling datar dan rendah di dunia

Maladewa merupakan negara paling datar dan rendah di dunia. Diketahui negara tersebut dengan ketinggian maksimumnya mencapai 2,4 meter di atas permukaan laut (MDPL). Itu membuat Maladewa sangat berpotensi tenggelam karena perubahan iklim.

5. Pertemuan kabinet di dalam air

Keunikan terakhir dari Negara Maladewa adalah adanya pertemuan kabinet di dalam air yang terjadi pada tahun 2009. Rapat ini menjadi sebuah cara yang dilakukan oleh pemerintah Maladewa untuk menyoroti pemanasan global.


(ACF)
Posted by Achmad Firdaus