Rombongan Pertama Jemaah Haji Arab Tiba di Makkah

N Zaid - Haji 2023 06/06/2023
Foto: Arabnews
Foto: Arabnews

Oase.id - Kelompok pertama jemaah haji Arab telah tiba di Makkah menjelang musim haji. Dari kelompok tersebut, 294 jemaah berasal dari Aljazair dan 192 dari Irak.

Saudi Press Agency melaporkan pada hari Selasa bahwa para jemaah haji Arab mengungkapkan kebahagiaan mereka atas upaya yang dilakukan oleh pemerintah Saudi untuk menyediakan jemaah haji dengan layanan dan keramahtamahan terbaik.

Mereka juga berterima kasih kepada Kerajaan atas sambutan yang mereka terima yang menunjukkan kepedulian Arab Saudi terhadap jamaah haji dan umrah.

Haji Pakistan

Sementara, bagian penerbangan haji pertama dari inisiatif Rute Makkah tiba di Jeddah pada hari Senin dari Pakistan. Rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Islamabad dengan 340 jamaah Pakistan di dalamnya.

Tahun ini, Arab Saudi mengembalikan kuota haji pra-pandemi Pakistan sebanyak 179.210 jemaah dan menghapus batas usia atas 65 tahun pada Januari.

Sekitar 80.000 jemaah Pakistan diharapkan menunaikan ibadah haji di bawah skema pemerintah tahun ini, dan sisanya akan difasilitasi oleh operator tur swasta.

Inisiatif Rute Makkah memungkinkan jemaah untuk melewati fasilitas imigrasi di bandara negara masing-masing.

“Jemaah haji Pakistan disambut dengan hangat saat tiba di bandara Jeddah,” kata juru bicara Kementerian Agama Pakistan.

“Para peziarah yang datang dari Islamabad di bawah inisiatif Rute Makkah dikirim ke Makkah melalui delapan bus.”

Dua penerbangan lagi akan berangkat ke Arab Saudi dari Islamabad dan Multan, kata juru bicara itu, menambahkan bahwa 1.050 jemaah haji Pakistan tiba di Kerajaan pada Senin.

Pada hari Selasa ini, 3.387 jemaah haji Pakistan tiba di Kerajaan melalui 11 penerbangan, menurut kementerian.

Lebih dari 40.000 warga Pakistan sejauh ini telah tiba di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji sejak pemerintah memulai operasi penerbangan khusus pada 21 Mei.

Pakistan pekan lalu juga memulai penerbangan haji langsung dari kota Quetta di barat daya, kata Otoritas Penerbangan Sipil Pakistan, yang pertama bagi penduduk provinsi Balochistan di negara itu.

Operasi penerbangan pra-haji Pakistan akan berlanjut hingga 21 Juni.(arabnews)


(ACF)
TAGs:
Posted by Achmad Firdaus