Teater Toleransi ala Gen Z Ibu Kota

Medcom.id - Kerukunan dan Toleransi 11/03/2020
Anak-anak muda yang tergabung dalam SEP Theater ini, Sabtu 7 Maret 2020 lalu mementaskan Showcase bertajuk
Anak-anak muda yang tergabung dalam SEP Theater ini, Sabtu 7 Maret 2020 lalu mementaskan Showcase bertajuk

Oase.id- Maraknya gerakan intoleransi yang semakin mencemaskan justru menginspirasi sekelompok anak muda Ibu kota mementaskan pertunjukan teater. Anak muda yang tergabung dalam SEP Theater ini pada Sabtu 7 Maret 2020 lalu mementaskan Showcase bertajuk "Violet, A Color Unaccepted" di Galeri Indonesia Kaya Jakarta Pusat.
 
"Tema yang diangkat dalam pentas kali ini sangat menarik. Banyak kejadian yang membuat kami generasi Z ini resah akibat hampir musnahnya rasa toleransi di sekitar kita. Dengan pertunjukan ini kami ingin menunjukkan generasi kamipun peduli dengan toleransi Bangsa kita," ujar Faris pemeran Barra, dilansir dari Medcom.id, pada Rabu 11 Maret 2020.

Violet mengisahkan kehidupan di Tanawarna. Berlatar belakang Tanawarna yang di dalamnya terdapat 4 wangsa, Wangsa Jambu adalah Rohaniwan, penafsir kitab suci, Wangsa Merah, petarung, penjaga kukuhnya negeri, Wangsa Kuning, Saudagar, penggerak roda ekonomi, Wangsa Biru, Perajin, Pelaku Budaya/Seni. Di Tanawarna hidup seorang gadis bernama Miranda. Suatu hari Miranda mendapati kenyataan bahwa dirinya bukanlah apa yang dia yakini selama ini.

Produksi Violet yang sudah berjalan sekitar 2 bulan ini semua dikerjakan siswa-siswi SMA Negeri 78 Jakarta. Dengan bantuan Coaches yang juga alumni sekolah ini, mereka membuat sendiri naskah, musik, lagu, koreografi, properti, alat promosi hingga menjalin kerjasama dengan instansi atau pihak-pihak luar sekolah.

 

"Kami berlima sudah membuat naskah ini selama 3 bulan terakhir. Setiap hari senin, kami berdiskusi lalu mengembangkan cerita dalam naskah Violet ini," ujar Mariska, salah satu tim penulis Violet yang juga pelajar kelas XI ini.
 
Sementara musik, dibantu Coach, pemusik Violet menciptakan sendiri lagu tema pementasan ini. "Saya awalnya main gitar, tapi di pementasan ini saya ditantang pegang Cello," ungkap Gibran.
 
Sementara itu, para pemain mengaku sangat antusias dengan pementasan Violet ini. "Awalnya sekitar 2 bulan lalu kami latihan 3 kali sepekan. Tp mendekati pementasan kami latihan seminggu 5 kali yakni Senin, Selasa, Kamis, Jumat dan Sabtu," kata Zahira pemeran Miranda. Pentas Violet sendiri akan digelar 28 Maret 2020 di Nusa Indah Theater Balai Kartini Jakarta.


(SBH)
Posted by Sobih AW Adnan